Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Perketat Penjagaan Zona Merah Gunung Sinabung

Perketat Penjagaan Zona Merah Gunung Sinabung

Satgas Penanganan Erupsi Gunung Sinabung menyiapkan pembangunan tembok untuk menghalangi warga masuk ke zona merah yang memiliki ancaman tinggi bagi keselamatan jiwa. Di sela-sela kunjungan Mensos Khofifah Indar Parawansa di Kabanjahe, Karo, Senin, Komandan Satgas Penanganan Erupsi Gunung Sinabung Letkol Inf Agustatius Sitepu mengatakan, pascaperistiwa awan panas yang menyebabkan tujuh orang tewas, pihaknya makin memperketat pengamanan.

Pihaknya memperkuat pengamanan di setiap jalur masuk menuju zona merah agar peristiwa yang menyebabkan korban tewas itu tidak terjadi lagi. “Zona yang memang sangat rawan, akan kita beton,” katanya.

Menurut dia, ada enam portal yang menghalangi masuk zona merah yang ada di Desa Sibintun, Desa Gamber, Desa Jerayah, Desa Gurukinayan, Desa Hutatonggal, dan Desa Beganding. Di dalam portal tersebut masih ada portal lagi untuk memperkuat pencegahan bagi warga yang ingin memasuki zona merah. Di setiap portal, ditepatkan prajurit TNI, personel Polri, dan relawan untuk berjaga-jaga jika ada warga yang nekad menerobos masuk. “Hanya, tidak mungkin 24 jam kita jaga,” kata Agustatius yang juga Dandim 0205/Karo.

Disebabkan tidak mungkin melakukan penjagaan selama 24 jam, pihaknya melakukan penguatan dengan membeton jalur masuk agar warga mengetahui bahwa area yang dituju sangat berbahaya. Sebenarnya, warga sudah mengetahui bahaya tersebut. Namun karena peristiwa itu berlarut-larut, masyarakat diperkirakan terlena dan menganggap tidak masalah jika sekali-kali masuk ke zona merah.

Sementara itu, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara, H Saleh Idoan Siregar, masyarakat harus memikirkan keselamatan diri mengingat juga belum bisa dipastikan kapan Gunung Sinabung berhenti erupsi. “Pemerintah sangat memahami perasaan masyarakat ingin kembali melakukan aktivitas seperti biasanya atau sebelum bencana.Tetapi warga juga harus menyadari pentingnya keselamatan jiwa dari segalanya mengingat erupsi Sinabung tidak bisa diprediksi,” katanya.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar