Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Sulut, Banjir Bandang Dan Longsor Landa Sangihe

Sulut, Banjir Bandang Dan Longsor Landa Sangihe

Banjir bandang dan tanah longsor melanda Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, pada Selasa, 21 Juni 2016. Ratusan Rumah tertimbun, dan akses jalan terputus akibat bencana ini.

Dikutip dari Antara, Ratusan rumah di Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, tertimbun akibat longsor di beberapa tempat “Saat ini ratusan rumah di Kecamatan Tahuna Barat rusak tertimbun longsor,” kata Wakil Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME di Kolongan Beha Tahuna Barat, Selasa.

Gaghana mengatakan, selain akibat longsor, puluhan rumah juga di Kelurahan Kolongan Beha juga hilang tersapu banjir bandang. “Ratusan penduduk saat ini di diungsikan di rumah ibadah kolongan Beha,” kata dia.

Pemerintah daerah, kata dia, membuat dapur umum untuk kebutuhan pengungsi. “Sampai saat belum diketahui apa ada korban jiwa atau tidak karena lokasi bencana masih terisolir,” kata Gaghana.

Sementara itu, pemberitaan Kompas, mengatakan, Belum diketahui soal korban atas kejadian ini. Namun dilaporkan sejumlah akses jalan terputus akibat terjangan banjir bandang. Sehingga warga setempat terancam terisolasi.

Informasi yang dihimpun Manada Post (Jawa Pos Group) banjir bandang bermula dari hujan lebat mengguyur daerah tersebut malam harinya. Pagi tadi sekira pukul 06.00 WITA, sebagian kampung Tahuna diterjang banjir bandang.

Daerah paling parah akibat kejadian ini, satu kampung, Kelurahan Kolongan Beha Baru, Kecamatan Tahuna Barat. Tepatnya di RT 03. Di lokasi itu banjir bandang juga disertai dengan longsor. Di lokasi kejadian puluhan rumah terkena banjir. Tidak sedikit juga rumah warga hancur terseret longsor dan banjir.  Di RT 06 terdapat 8 rumah disapu longsor dan banjir.

Sementara itu, di Kelurahan Beha Baru terdapat 1 rumah terkena longsor dan 1 rumah di Kampung Akembawi kena banjir dan longsor. Akibat kejadian itu ratusan warga menyelematkan diri dan mencari kerabat keluarga yang terpisah akibat banjir itu.

Belum ada laporan soal korban atas bencana. Diketahui akses jalan terputus. Bupati Kepulauan Sangihe HR Makagansa, Wakil Bupati Jabes E Gaghana dan Kepala BPBD Reintje Tamboto sudah turun lokasi.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar