Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BNPB Fasilitasi Kegiatan Jitu Pasna Aceh

BNPB Fasilitasi Kegiatan Jitu Pasna Aceh

Direktorat Penilaian Kerusakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan kegiatan fasilitasi pengkajian kebutuhan pascabencana (jitu pasna) di Provinsi Aceh,  diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Provinsi/kab/kota Aceh dan SKPD terkait, pada tanggal 20 – 24 Juni 2016 bertempat di Hotel Oasis, Banda Aceh.

Acara ini dibuka oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Provinsi Aceh Drs. Said Rasul. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Provinsi Aceh termasuk daerah yang rawan bencana oleh karena itu kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya bidang penilaian kerusakan di BPBA perlu ditingkatkan, karena saat ini kualitas SDM di BPBA sangat kurang, dan diharapkan dengan adanya acara ini peserta dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pengkajian kebutuhan pascabencana, agar pendanaan rehabilitasi dan rekonstruksi dapat tepat sasaran.

Direktur penilaian kerusakan Ir. Neulis Zuliasri, M.Si. yang diwakili oleh Ka.Subdit Estimasi Pembiayaan Ir. Darwis Sitinjak, dalam paparannya mengatakan bahwa kebijakan strategis BNPB tahun 2015-2019 bidang rehabilitasi dan rekonstruksi adalah percepatan pemulihan pascabencana,  dengan kegiatan prioritas berupa pemulihan dan peningkatan bidang fisik maupun sosial ekonomi, serta kegiatan pendukung berupa peningkatan kapasitas jitu pasna khususnya bagi aparatur BPBD dan SKPD terkait di provinsi/kab/kota dan mengintegrasikan penanggulangan bencana khususnya kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi ke dalam rencana pembangunan nasional dan daerah.

Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkuat kapasitas sumber daya manusia (SDM) pada bidang rehabilitasi dan rekonstruksi sehingga mempunyai pemahaman yang sama mengenai pengkajian kebutuhan pascabencana serta mampu menyusun dokumen rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana, sehingga dapat membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam melakukan verifikasi data kerusakan dan perhitungan kebutuhan pascabencana.

Sumber: BNPB

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar