Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

PVMBG Lakukan Observasi Longsor Purworejo

PVMBG Lakukan Observasi Longsor Purworejo

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM melakukan observasi di sejumlah daerah yang terjadi bencana tanah longsor di Jawa Tengah, salah satunya di Purworejo.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Gerakan Tanah, PVMBG, Subandrio di Purworejo, Selasa, mengatakan “Kami melakukan observasi dan selanjutnya memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah, apa langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk upaya mitigasi lebih lanjut,”.

Ia menuturkan selain Purworejo, observasi juga dilakukan wilayah Jateng, seperti Banjarnegara, Cilacap, Wonosobo, dan Kebumen. Sejumlaah kabupaten tersebut memang beberapa wilayahnya mempunyai kerentanan longsor menengah sampai tinggi.

Menurut dia, penyebab longsor di beberapa lokasi di Purworejo dipicu curah ujan tinggi, selain faktor geologinya yang memang daerah ini mempunyai tingkat kerentanan menenga sampai tinggi. “Daerah ini masuk zona kerentanan gerakan tanah yang dikelurkan Badan Geologi,” katanya di lokasi longsor di Dusun Caok, Desa Karangrejo, Kecamatan Loano.

Ia menuturkan kalau memang pemda ada kebijakan relokasi bagi korban bencana tanah longsor, pihaknya juga akan melakukan kajian untuk mengevaluasi layak tidaknya suatu lokasi untuk relokasi. Guna mengantisipasi bencana tanah longsor, katanya pemerintah daerah dan masyarakat setempat perlu mengenal betul wilayahnya sehingga tahu tempat-tempat yang kritis akan terjadi longsor. “Hal itu bukan pekerjaan yang mudah tetapi kalau ada indikasi demikian bisa dilaporkan ke Balai Geologi yang nantinya dilakukan evaluasi supaya bisa melakukan tindakan yang efektif dalam hal mitigasi bencana tanah longsor.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar