Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Aksi, Basarnas Gelar Operasi Penyelamatan Di 11 Titik Bencana

Aksi, Basarnas Gelar Operasi Penyelamatan Di 11 Titik Bencana

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo menjelaskan saat ini ada operasi penyelamatan bencana di 11 titik di seluruh wilayah Indonesia.

Soelistyo saat meresmikan Pos SAR di Ketapang Banyuwangi, Rabu (22/6) mengatakan, “Titik-titik penyelamatan antara lain Kupang, Medan, Pangkal Pinang termasuk juga di Jawa Tengah yang terkena banjir. Khusus untuk Jawa Tengah, ada 3 kantor SAR yang diturunkan yaitu Yogyakarta, Semarang dan dibantu dari kantor Bandung,”.

Saat ini, dari lokasi bencana di Jawa Tengah, sudah ada 40 jenazah yang ditemukan. Operasi utama akan dilakukan selama seminggu dan akan diperpanjang sesuai dengan dinamika di lapangan. “Satu nyawa itu sama dengan 100 nyawa jadi kita harus selamatkan sekecil apapun kemungkinannya. Kita wajib usaha,” tuturnya.

Untuk 11 titik operasi, Basarnas menerjunkan 200 personel dibantu dengan TNI Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan juga relawan. Menurut Soelistyo, saat ini jumlah anggota tim penyelamat yang dimiliki Basarnas baru mencapai 1.682 orang, sedangkan kebutuhan ideal mencapai 5.700 orang. “Untuk menunggu jumlah ideal pasti akan lama sehingga ada kebijakan untuk membangun potensi sar di masyarakat tanpa harus menunggu requitmen. Termasuk tenaga outsourcing untuk ABK,” tuturnya.

Dia menambahkan, frekuensi musibah terbanyak terjadi di perairan, tetapi untuk bencana yang saat ini terjadi 11 titik di seluruh Indonesia jumlah korban jiwanya cukup banyak. “Yang paling sering ditangani nelayan yang hilang karena cuaca buruk korbannya satu atau dua orang. Tapi kalau seperti di Jawa Tengah adalah bencana yang tida bisa diprediksi kapan datangnya serta jumlah korbannya cukup banyak,” pungkasnya.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar