Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BMKG Deteksi 97 Titik Api Menyebar Di Sumatera

BMKG Deteksi 97 Titik Api Menyebar Di Sumatera

Kebakaran hutan dan lahan kembali menjadi ancaman serius di pulau Sumatera. Saat ini, Pulau Andalas tersebut sedang dikelilingi oleh hampir seratus hotspot. Bila tidak segera ditanggulangi, bisa jadi memicu kebakaran, sehingga menimbulkan bencana kabut asap.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sugarin menjelaskan bahwa saat ini, satelit mendeteksihotspot tersebar di tujuh provinsi di Sumatera “Dari tujuh provinsi tersebut, hotspot terbanyak terdapat di provinsi Bengkulu, yakni 32 titik. Di susul Sumatera Selatan 13 titik dan Sumatera Utara 12 titik,” ujarnya.

Sedangkan Jambi terdeteksi tujuh titik, Sumatera Barat enam titik, dan Lampung empat titik. “Sedangkan di provinsi Riau, terdeteksi 23hotspot. Jumlah seluruhnya 97 titik,” terangnya, Jumat 24 Juni 2016.

Di Riau beberapa pekan belakangan, kebakaran sudah terjadi di beberapa titik. Pemerintah terus melakukan pemadaman dengan mengerahkan pesawat air tractor dan helikopter, guna melakukanwaterboombing.

Diketahui sejak Januari 2016, setidaknya sudah ada tujuh daerah di Riau yang terbakar. Kawasan itu berupa wilayah Bengkalis, Siak, Dumai, Pelalawan, Rokan Hilir, Indragiri Hilir, dan Indragiri Hulu.

Akibat kebakaran itu, ratusan hektare lahan perkebunan kembali terbakar dan menimbulkan kabut asap. Pada Maret 2016 lalu, laporan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika secara keseluruhan titik api di Sumatera muncul hingga 59 titik. Aceh sebanyak tiga titik, Bengkulu satu titik, Sumatera Barat tiga titik, Sumatera Selatan satu titik, Sumatera Utara enam titik dan Riau 45 titik. Hingga kini jumlahnya semakin meluas.

Sumber: Viva

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar