Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Semarang, Tetapkan Darurat Banjir Rob

Semarang, Tetapkan Darurat Banjir Rob

Banjir rob yang menggenangi Kota Semarang termasuk jalur pantura yang digunakan untuk mudik sudah ditetapkan berstatus darurat bencana. Penanganannya pun dikebut agar pemudik bisa lancar melintasi Kota Semarang.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau lokasi rob di Kaligawe dan Terboyo Kota Semarang. Genangan yang terjadi memang tidak separah saat sore hari, namun tetap memprihatinkan karena sejumlah kios tergenang dan kemacetan panjang pun tidak terhindarkan.

Ganjar kemudian melakukan rapat di bawah jembatan tol Kaligawe bersama beberapa pihak termasuk Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Energi Sumber Daya Mineral (PSDA-ESDM) Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang serta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juwana. “Ini statusnya sudah bencana, sudah dinyatakan oleh pak Wali Kota Semarang. Jadi bisa menggunakan kondisi kebencanaan,” kata Ganjar sembari meninjau deretan tanggul karung di pinggir sungai di Terboyo, Sabtu (25/6/2016).

Ganjar juga langsung meraih telepon genggamnya dan menghubungi Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana. “Kan sudah ditetapkan bencana. Kita posisinya banyak kurang alat, kalau BPBD bisa? Alat pompa mungkin tidak? Semarang kan sudah menyatakan darurat bencana di Kaligawe. Perlu tindakan luar biasa,” tanya Ganjar kepada Sarwa.

Dengan diberlakukannya status darurat bencana, maka anggaran untuk penanganan bisa lebih maksimal karena bantuan pompa dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat masih belum cukup. “Sudah bisa dikeluarkan pembiayaan untuk tanggulangi ini. Saya minta sandbag-nya ditambah, pompanya ditambah. Saya koordinasi dengan Kementerian PU sejak seminggu lalu, kita didukung full, pak Basuki turun sendiri. Hari ini kita kerjasama Kota, Provinsi, Pusat, BNPB juga sudah saya telepon siap bantu,” tegas Ganjar.

Sementara itu, secara terpisah, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan status bencana tersebut dikeluarkan sejak sepekan lalu karena mendekati arus mudik yang diperkirakan terjadi H-7 Lebaran. “Jadi memang kita buat kondisi siaga bencana. Kalau tidak ditangani maka pemudik kesulitan, khususnya di Kaligawe,” kata Hendrar.

Percepatan penanganan yang dilakukan bisa berupa beli atau sewa pompa tambahan. Sebanyak 10 pompa dan ribuan tanggul karung yang diperbantukan dari pemerintah pusat ternyata belum mencukupi. Setelah penanganan darurat, maka nantinya akan dilakukan penanganan yang bersifat permanen. “Percepatan penanganannya rob bisa sewa pompa atau beli. Targetnya H-7, kalau sekarang ruas jalan belum kering,” tandasnya.

Sementara itu dari pantauan detik di Kaligawe dan Terboyo siang ini, genangan rob terjadi di Kaligawe sebelum dan setelah perlintasan kereta api namun tidak tinggi. Menurut warga, biasanya air akan tinggi dan meluas mulai pukul 14.00 WIB. Kemudian di Terboyo setelah tol Kaligawe, kemacetan panjang sudah terlihat, dan genangan rob mulai ada di depan gang Terminal Terboyo. Jalan masuk kawasan industri pun juga tergenang air. Kondisi yang sama juga terjadi di beberapa titik di Jalan Terboyo meskipun ribuan tanggul karung sudah dipasang.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar