Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Sumut, Hujan Lebat 7 Daerah Rawan Longsor

Sumut, Hujan Lebat 7 Daerah Rawan Longsor

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mengimbau warga untuk mewaspadai bencana tanah longsor dan gelombang laut yang semakin tinggi, Sabtu (25/6/2016).

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar BMKG Wilayah I Medan, Sunardi mengatakan, tujuh daerah yang rawan longsor lantaran berada di kawasan pegunungan dan lereng perbukitan di Sumatera Utara (Sumut).

Tujuh daerah yang rawan tanah longsor tersebut adalah Mandailing Natal (Madina), Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah (Tapteng), Tapanuli Selatan (Tapsel), Phakpak Barat, Dairi, dan Nias. “Kawasan Sumatera Utara masih berpeluang terjadi hujan intensitas lebat dan sedang baik sore maupun malam hari. Akibatnya, tujuh daerah rawan longsor hingga bulan Juli,” tutur Sunarnid.

Namun, pada siang hari suhu udara panas mencapai angka 35 derajat Celsius. Sementara itu, sore dan malam diguyur hujan serta terkadang disertai angin kencang. Selain ancaman tanah longsor, Sunardi berulangkali mengimbau para nelayan berhati-hati turun ke laut, terutama yang menggunakan peralatan tradisional. Ancaman di Lautan Hindia bagian barat dan Selat Malaka, tinggi gelombang laut saat ini mencapai 1,5 hingga 3 meter terutama di kawasan Nias-Sibolga.

Menurut Sunardi, gelombang laut yang sejak dua minggu terakhir tergolong tinggi akan berbahaya juga bagi angkutan penyeberangan seperti kapal feri Sibolga-Nias, apalagi ke depan meningkat arus penumpang menjelang Idul Fitri. “Kita terus mengimbau awak kapal agar lebih hati-hati dan mempertimbangkan keselamatan penumpang jika feri harus melakukan penyeberangan pada rute itu,” tutur Sunardi.

Sumber: Okezone

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar