Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Semarang, Siapkan 17 Pompa Air Guna Atasi Rob

Semarang, Siapkan 17 Pompa Air Guna Atasi Rob

Setidaknya 17 unit pompa air akan disiagakan di sepanjang Jalan Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah, untuk mengatasi rob, terutama menjelang keramaian lalu lintas bersamaan arus mudik Lebaran ini.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana Ni Made Sumiarsih di Semarang, Senin 27 Juni 2016 mengatakan “Sekarang ini, baru terdapat 13 unit pompa air yang beroperasi secara situasional,”

Menurut dia, empat unit pompa air lainnya akan segera didatangkan ke Semarang, yakni dua unit dikirimkan dari Jakarta dan dua lainnya akan dikirimkan dari Surabaya, Jawa Timur.

Ia menjelaskan 17 unit pompa air itu berkapasitas menyedot air sampai 100-250 liter/detik sehingga diharapkan bisa membantu mengatasi rob yang terjadi di jalur mudik tersebut. “Kami dan Pemerintah Kota Semarang juga menyiapkan sejumlah pompa berukuran kecil,” katanya.

Sumiarsih mengakui pihaknya diberikan mandat untuk menangani rob pada jalur mudik dan balik yang membentang sepanjang 40 kilometer tersebut dan akan berupaya semaksimal mungkin mengatasi rob. “Beberapa titik rob yang akan kami pantau secara intensif, yakni di bawah jembatan tol Kaligawe, depan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, dan Terminal Terboyo Semarang,” katanya.

Selain itu, ia menyebutkan ada empat titik sungau yang akan dipantau, yakni Sungai Banjir Kanal Timur, Sungai Tenggang, Sungai Sringin, dan Sungai Babon untuk membantu mengatasi rob. “Berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak rob tertinggi akan terjadi saat Lebaran,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan rob yang menggenangi kawasan timur Semarang sudah ditetapkan sebagai darurat bencana sekitar sepekan yang lalu. Dengan penetapan status tanggap darurat bencana, kata dia, Pemkot Semarang mendapatkan bantuan sebanyak 10 pompa air dari pemerintah pusat, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Kami mendapatkan bantuan dari Kementerian PUPR sebanyak 10 pompa air yang saat ini sudah terpasang untuk membantu mengatasi rob di kawasan Kaligawe dan sejumlah kawasan lainnya,” katanya.

Pemasangan 10 pompa air bantuan Kementerian PUPR itu, lanjut dia, cukup efektif untuk mengurangi debit rob yang belakangan ini menggenangi Jalan Kaligawe yang merupakan jalan nasional.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar