Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BMKG, Minta Pemudik Waspadai Jalur Rawan Longsor Dan Hujan Lebat

BMKG, Minta Pemudik Waspadai Jalur Rawan Longsor Dan Hujan Lebat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memprediksi cuaca buruk dan hujan lebat akan terjadi sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah. Sehingga para pemudik diperingati untuk waspada terutama di titik rawan longsor karena hujan lebat berpotensi memicu terjadinya longsor.

“Diharapkan pemudik untuk tetap waspada terutama di titik-titik rawan longsor dan tidak memaksakan kendaraan bila cuaca buruk saat di perjalanan,” kata prakirawan BMKG, Bengkulu Haris Syahid Hakim, Senin (27/6). Diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat akan terjadi pada sepekan sebelum Lebaran sehingga perlu diwaspadai pemudik pada arus mudik yang tinggal menghitung hari

Menurut dia, hujan yang turun nanti bakal diikuti angin kencang dan petir. Dia mengimbau para pemudik untuk tetap waspada dan tidak memaksakan kendaraan bila cuaca buruk menghadang perjalanan. “Pemudik harus waspada dan jangan memaksakan melaju dalam kecepatan tinggi,” imbau Haris.

Koordinator Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Edward Saputra, mengatakan titik rawan longsor terbanyak terdapat di jalan lintas barat dari Lampung–Bengkulu dan Bengkulu-Sumatera Barat, meliputi Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, dan Kabupaten Mukomuko.

Sedangkan titik rawan longsor di jalan lintas tengah (Jalinteng) antara Bengkulua dan Sumatera Selatan, meliputi Kecamatan Sindang Kelingi, Padang Ulak Tanding, dan Binduriang. Kemudian tiga titik di jalan penghubung Kabupaten Rejang Lebong-Lebong. “Selain rawan longsor, jalan tersebut juga sempit dan memiliki tikungan tajam, tanjakan dan turunan yang curam,” kata Edward.

Maka selain menyiapkan alat berat dan petugas yang siaga 24 jam, BPBD juga mengimbau pemudik untuk tidak melakukan perjalanan pada malam hari. Hal ini agar kemacetan akibat longsor bisa tertangani secara cepat dan mengurangi risiko tindak kejahatan di jalan raya.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar