Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Pemanasan Global Cairkan Es Puncak Cartensz Papua

Pemanasan Global Cairkan Es Puncak Cartensz Papua

Dampak pemanasan global pengaruhi puncak es Cartensz papua. Sepanjang sejarahnya pada Mei memang merupakan bulan terpanas akibatnya es yang berda di puncak Gunung Cartensz Mencair.

Dirjen Pengendalian Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tutik Hendrawati Mintarsih mengatakan, pemanasan global telah menyebabkan mencairnya es di Puncak Carstensz, Pegunungan Jawa Wijaya, Papua.”Memang pada Mei 2016 lalu menjadi bulan terpanas sepanjang sejarah sehingga menyebabkan mencairnya es di kutub utara,” kata dia di Jayapura, Selasa.

Menurut Tutik, di Indonesia juga berdampak terhadap beberapa kabupaten yang memiliki pantai dan mengalami rob atau kenaikan air laut cukup tinggi seperti terjadi di Jakarta, Semarang dan Banyuwangi. “Untuk Papua, dampaknya terjadi pencairan salju di puncak  Carstensz, tentunya ini harus jadi perhatian kita semua,” ujarnya.

Dia menjelaskan, meskipun Papua memiliki hutan yang luas bukan berarti tidak berdampak apa-apa.

Sementra itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua Elia Loupatty mengaku baru mengetahui soal itu. “Kami baru mengetahui hal ini dan sangat kaget, juga prihatin ternyata dampak pemanasan global ini sungguh besar bagi Papua,” kata Loupatty.

Dia menyatakan hal ini harus menjadi catatan penting untuk semua pihak karena Puncak  Carstensz itu harta karun yang sedang dijual Papua dari segi potensi kepariwisataannya. “Kami meminta kepada dinas terkait untuk memperhatikan hal ini dan segera mengambil langkah cepat untuk penanganannya,” ujar dia.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar