Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Musim Arus Mudik, Pemudik Diminta Waspada Jalur Rawan Bencana

Musim Arus Mudik, Pemudik Diminta Waspada Jalur Rawan Bencana

Di sepanjang jalan nasional yang berada di tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur ditengarai masih banyak titik-titik rawan longsor, banjir, dan kecelakaan. Oleh sebab itu, pemerintah menyiapkan berbagai upaya untuk meminimalisir dampak longsor atau banjir yang menimpa jalur mudik. Selain itu, pemerintah juga telah memetakan daerah-daerah mana saja yang berkemungkinan tertimpa longsor atau banjir.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), I Ketut Darmawahana, kepada Kompas.com, Senin (27/6) mengatakan, “Kita punya peta rawan longsor, rawan kecelakaan, rawan kemacetan. Kita punya posko peralatan di jalan nasional, kalau di sekitarnya kejadian seperti longsor atau banjir kita tangani dengan peralatan yang kita siapkan itu,”.

Kendati begitu, Ketut mengimbau para pemudik mempersiapkan fisik, mental, kondisi kendaraan, dan hal teknis lainnya agar mencegah risiko bencana di jalan. Menurut dia, tanpa persiapan matang dari diri pemudik, kondisi jalanan seperti apapun cenderung akan membuat rawan terjadinya musibah.

Ketut juga mengaku bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan banyak pihak, antara lain kepolisian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pihak terkait lainnya untuk memastikan kondisi jalanan siap. Beberapa peralatan juga sudah disiapkan guna mengatasi bila terjadi banjir rob atau longsor di jalur mudik. “Ada alat disiapkan oleh pemerintah provinsi, kabupaten dan dari kami sendiri. Jadi, banjir maupun longsor sudah disiapkan alat dan petanya,” kata Ketut.

Saat ini beberapa wilayah yang diidentifikasi sebagai kawasan rawan banjir di Jawa Timur, yakni Widang/Bedahan-batas Kabupaten Lamongan, Logung-Sadang Taman-Krian (Trosogo-Sidoarjo), Tanjung Bumi Bangkalan-Sampang, Batas Kota Bangkalan-Batas Kabupaten Sampang, Batas Kota Sidoarjo-Gempol, dan Batas Kota Situbondo-Bajulmati.

Sementara itu, untuk titik-titik lokasi rawan terjadinya longsor yaitu di Jalan Jurusan Dengkok-Batas Kabupaten Ponorogo Trenggalek, Batas Kota Situbondo-Bajulmati, Jember-Glenmor, dan di Lumajang-Turen.

Adapun untuk lokasi rawan kemacetan di Pantura yaitu di Pasar Glondong, Pasar Tambakboyo, Pasar Babak, exit toll over Bunder, Viaduk Gempol, Viaduk Alun-Alun Bangil, Persilangan KA Bangil, Pasar Ngopak, Pasar Nguling, Buduan – Panarukan, Panarukan – Batas Kota Situbondo, Jalan Ahmad Yani Situbondo dan Pelabuhan Ketapang. Sedangkan untuk di lintas tengah terjadi di Simpang Midaeng, Simpang Ulet, Simpang Kletek, Simpang Mengkreng, Perlintasan KA Baron, Perlintasan KA Bagor, Perlintasan KA Awar-Awar, Perlintasan KA Lemahbang, Perlintasan KA Kali Gunting – Caruban.

Terakhir untuk peta rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas tercatat di Tuban, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Situbondo, Bajulmati, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Surabaya, dan Purwodadi.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar