Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Masuki Musim Kemarau, BPBD Adakan Renkon Bencana Kekeringan Dengan UGM

6
1
2
3
4
5

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Blitar menggelar Rencana Kontijensi (Renkon) kajian pengurangan resiko bencana kekeringan  kecamatan Panggungrejo dan Wonotirto bersama dengan Pusat Studi Bencana Universitas Gajah Mada Senin, (27/6).

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang musyawarah BPBD Kab. Blitar dengan di hadiri perwakilan dari Pusat Studi Bencana Universitas Gajah Mada dan segenap Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) terkait.

Bencana kekeringan yang ada di Kabupaten Blitar dapat disebabkan oleh pengaruh kondisi meteorologi dan kondisi geologi. Kekeringan meteorologis merupakan masalah yang sifatnya regional. Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti misalnya pengaruh El nino dan La Nina. Sedangkan kekeringan geologis disebabkan oleh  karena adanya aktifitas dan pergeseran yang terjadi di dalam lapisan tanah. Pemerintah Provinsi Jawa Timur Menggolongkan Kabupaten Blitar sebagai daerah sulit air bersih dan rawan kekeringan sehingga penggunaan air tanah cenderung meningkat.

Data wilayah Kabupaten Blitar berstatus  keadaan daruruat bencana kekeringan tahun 2015 menunjukan ada 5 kecamatan yaitu Wates, Binangun, Panggungrejo, Bakung, Wonotirto, dan Kademangan. Di 5 kecamatan itu total desa yang terdampak bencana berjumlah 17 desa

Sementara itu, Pusat Studi Bencana Universitas Gajah Mada mengatakan, “adanya kegiatan ini untuk memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Blitar dalam penentuan kebijakan pengelolaan lingkungan berbasis pengurangan resiko bencana”

Sedangkan tujuan dari kegiatan ini ialah menyusun dokumen kajian resiko bencana kekeringan di wilayah Kabupaten Blitar, sebagai dasar penentu kebijakan pemilihan tindakan penanggulangan bencana kekeringan. Menyusun strategi pengelolaan lingkungan berbasis pengurangan resiko bencana dan melakukan inisiasi PRB berbasis komunitas (PRBBK) di kawasan bencana kekeringan agar masyarakat adapat memenuhi kebutuhan air bersih secara mandiri dalam komunitasnya.

Sumber: Pusdalops BPBD Kab. Blitar

 

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar