Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Selama Ramadhan, 57 Hektare Hutan Riau Terbakar

Selama Ramadhan, 57 Hektare Hutan Riau Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan masih menghantui Riau. Satuan Tugas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan mencatat 57 hektare lahan terbakar selama Ramadan.

Kepala Dinas Operasi Pangkalan Udara Roeamin Nurjadin, Pekanbaru, Kolonel Pnb Yani Amirullah, Selasa, 28 Juni 2016 mengatakan, “Selama Ramadan kami terus melakukan pemadaman di sejumlah wilayah,”.

Menurut Yani, hutan terbakar terjadi di tiga kabupaten, seperti area Giam Siak Kecil, Siak, dengan luas lahan terbakar lima hektare pada 7 Juni 2016. Kemudian wilayah Teluk Meranti, Pelalawan, seluas 30 hektare pada 9-16 Juni 2016.

Saat ini kebakaran masih terjadi di Bagan Sinembah, Rokan Hilir, yang menghanguskan lahan seluas 20 hektare. Api sudah membakar lahan sejak tiga hari lalu. “Pemadaman denganwaterbombing hingga kini masih dilakukan,” ucapnya.

Yani mengklaim api yang membakar lahan di sejumlah daerah itu sudah berhasil dipadamkan. Untuk wilayah Rokan Hilir, satgas pemadam mengerahkan empat helikopter waterbombing, yakni dua unit helikopter WBV Tipe MI-8 dan MI-171, serta dua unit pesawat air tractor.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru Sugarin menyebutkan, Satelit Tera dan Aqua masih memantau delapan titik panas yang terindikasi kebakaran hutan dan lahan tersebar di dua kabupaten. “Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi,” kata Sugarin. Adapun titik panas tersebar di Rokan Hilir lima titik dan Siak tiga titik. “Namun tingkat kepercayaan di atas 70 persen atau 2 titik api,” ujar Sugarin.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar