Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

KAI IX Jember Waspadai 6 Titik Rawan Bencana di Jalur Pasuruan-Banyuwangi

KAI IX Jember Waspadai 6 Titik Rawan Bencana di Jalur Pasuruan-Banyuwangi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops IX Jember mewaspadai 6 titik rawan bencana di jalur rel kereta api Pasuruan-Banyuwangi. Rawan bencana itu diantaranya tanah longsor, banjir dan tanah labil.

Manajer Humas PT KAI Daops IX Jember, Krisbiyantoro, Kamis (30/6) mengatakan, “Jadi semacam longsor, banjir, kemudian tanah tidak stabil atau labil yang bisa menimbulkan genjotan di rel kereta api. Jumlah titiknya kita perkirakan ada 6 titik,”.

Untuk jalur rel di Banyuwangi, bencana yang diwaspadai adalah tanah labil. “Dan ada beberapa yang banjir juga, sekitar di stasiun Rogojampi dan stasiun Kalibaru,” ujar Krisbiyantoro.

Tanah labil, lanjut Krisbiyantoro, juga diwaspadai di jalur kereta api sepanjang kecamatan Bangsalsari hingga kecamatan Tanggul, Jember. Tanah labil ini bisa menimbulkan genjotan atau rel kereta api bergelombang. Ini bisa mengakibatkan gerbong kereta api anjlok.

Untuk rawan longsor, ada di jalur rel kereta api kecamatan Silo, Jember. “Tepatnya ada di (desa) Garahan. Dan di sana pernah terjadi (bencana longsor), karena daerahnya perbukitan,” kata Krisbiyantoro. “Untuk jalur rel kereta api sepanjang Probolinggo hingga Pasuruan, rawan sekali terkena banjir,” tambah Krisbiyantoro.

PT KAI, lanjut Krisbiyantoro, telah melakukan sejumlah langkah untuk melakukan antisipasi. Diantaranya memperdalam drainase di tepi rel agar tidak kebanjiran, memasang trucuk besi dekat plengsengan untuk mencegah longsor, dan memperkuat bantalan rel di tanah yang labil. “Kami juga sudah memiliki tim yang disebut Flying Gank, dengan komposisi personil yang sudah cakap untuk menangani setiap keadaan darurat bencana. Mereka juga dibekali peralatan dan akomodasi yang mencukupi agar bisa dengan cepat melakukan penanganan,” tutup Krisbiyantoro.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar