Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Rob Terjang Banyuwangi, Ratusan Rumah Terendam Setinggi 1 Meter

Rob Terjang Banyuwangi, Ratusan Rumah Terendam Setinggi 1 Meter

Ratusan rumah di Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar, Banyuwangi terendam banjir, Senin (18/7/2016). Banjir menggenangi rumah warga setinggi 1 meter.

Penyebabnya adalah hujan deras sepanjang malam dan meluapnya aliran air Sungai Setail. Tak hanya itu, air rob dari laut menambah parah genangan air. Paling parah menimpa ratusan rumah di RT 1, RW 5. Beruntung tak ada korban jiwa akibat banjir ini. “Air mulai naik dan masuk rumah sekitar pukul empat subuh,” kata Yuliani (30), salah satu warga yang rumahnya terendam banjir, Senin, (18/8/2016).

Menurut Yuliani, banjir ini merupakan kali kedua menimpa desanya. Kali ini terhitung paling tinggi, hingga masuk rumah dan merendam perabotan rumah, seperti kasur, kursi, dan perabotan dapur. “Kalau yang pertama (banjir) tak setinggi ini. Kalau sekarang air sudah masuk rumah,” pungkasnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi langsung melakukan reaksi cepat terhadap banjir tersebut. Bersama tim unit cepat langsung mendatangi lokasi banjir dan melakukan evakuasi terhadap korban banjir di Desa Wringinputih. “Kami langsung lakukan evakuasi korban yang terendam dengan perahu karet. Kita sudah standby mulai dinihari tadi. Ada kabar banjir kita langsung gerak,” ujar Juru bicara BPBD Banyuwangi, Eka Muharram kepada detikom.

Menurutnya, sedikitnya ada 246 rumah terendam banjir. Sedikinya 300 Kepala Keluarga (KK) yang mengalami kerugian dengan estimasi Rp 150 juta. Saat ini, lanjut Eka, BPBD Banyuwangi telah membuka dapur umum untuk membantu korban banjir. “Banjir sudah tinggal 20 cm. Kita masih siaga di lokasi sekitar banjir,” pungkasnya.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar