Thursday, 3/8/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

TMC Tanggulangi Bencana Kekeringan di Wilayah Pertanian Indonesia

TMC Tanggulangi Bencana Kekeringan di Wilayah Pertanian Indonesia

Pada hari ini (25/08) bertempat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, mulai  dilakukannya penanggulangan bencana penanggulangan bencana kekeringan melalui upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau yang lebih dikenal dengan istilah hujan buatan. Pelaksanaan hujan buatan dilakukan oleh UPT Hujan Buatan BPPT di bawah koordinasi BNPB dan diprioritaskan pada daerah-daerah endemis kekeringan yang juga merupakan lumbung beras nasional, yaitu Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Operasi resmi dibuka oleh  Menteri Pertanian dengan disaksikan oleh Asops Panglima TNI, Danlanud Halim Perdanakusuma, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Sekretaris Utama BPPT, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT)Hujan Buatan BPPT , dan Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB.

Kepala UPT Hujan Buatan BPPT, Heru Widodo mengatakan dalam pelaksanaan TMC, ada campur tangan manusia untuk memasukan bahan semai ke dalam awan agar cepat hujan. “Operasi TMC ini untuk menyiram sawah-sawah yang dilanda kekeringan. Sedangkan untuk mengisi waduk dilakukan Oktober-November. Jadi sekarang ini memanfaatkan peluang awan yang ada di beberapa kota,” katanya .

Sebagai tahap awal, pelaksanaan TMC untuk penanggulangan bencana kekeringan direncanakan berlangsung selama 90 hari. Aktivitas TMC akan dikendalikan dari Pos Komando (Posko) yang bertempat di Lanud Halim Perdanakusuma, dengan daerah target Pulau Jawa terutama Jawa Barat dan Jawa Tengah. TMC dikerjakan dengan melakukan analisis dan prediksi cuaca harian, memantau pertumbuhan awan, lalu melakukan penyemaian awan menggunakan pesawat CN-295 milik TNI-AU yang mampu mengangkut bahan semai sebanyak 2,8 ton. Sementara untuk memantau pertumbuhan awan digunaan radar cuaca milik BMKG yang terpasang di Cengkareng, Cilacap, Semarang dan Surabaya. Selain itu juga dilakukan pengukuran cuaca pada pos-pos meteorologi (Posmet) di Jawa Barat dan Jawa Tengah.“Ternyata dalam penanganan kekeringan ini operasi darat tidaklah cukup, maka kali ini kita lakukan operasi udara. Kita pahami ini sebagai kolaborasi yang positif, maka kebersamaan menjadi kunci pelaksanaan  opersi penanggulangan bencana ini. Saya berharap kebersamaan ini menjadi semakin erat, kukuh, dan kokoh sehingga pemerintah dapat selalu hadir ditengah-tengah kesulitan rakyat.” ucap Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Ir. Tri Budiarto dalam sambutannya.

Pelaksanaan TMC pada bulan Agustus di Pulau jawa bukanlah hal yang mudah karena potensi pertumbuhan awan yang sangat sedikit. Namun demikian, TMC harus dilakukan dalam kondisi sulit seperti ini untuk mengupayakan terjadinya hujan dari awan-awan marginal yang berpeluan tumbuh. Jika dari radar nantinya terpantau keberadaan awan potensial, armada pesawat penyemai awan segera diterbangkan menuju lokasi awan target untuk memaksimalkan potensi yang ada agar terjadi hujan.

 

Sumber: BNPB

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar