Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Pemerintah Tetapkan 4 Langkah Hadapi Bencana Asap

Pemerintah Tetapkan 4 Langkah Hadapi Bencana Asap

Pemerintah menetapkan empat langkah untuk menghadapi bencana asap yang menimpa wilayah Sumatera dan Kalimantan. Bencana asap menjadi topik rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi Dodo bersama kementerian/lembaga terkait di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (4/9/2015).

“Kita buat empat cluster untuk bencana asap,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, seusai rapat dengan Presiden, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat sore.

Syamsul menjelaskan, empat cluster itu adalah pemadaman, penegakan hukum, kesehatan, dan sosialisasi. Koordinasi penganan bencana asap dipimpin oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dibantu kementerian terkait, BNPB, TNI, dan Polri.

Terkait pemadaman, kata Syamsul, BNPB telah membuat hujan buatan. Selanjutnya, pemadaman juga akan dibantu oleh TNI dengan mengerahkan beberapa pesawatnya. “Cluster hukum dipimpin Kapolri,” ujarnya.

Syamsul melanjutkan, Kementerian Kesehatan akan berkoordinasi dengan delapan posko bencana asap. Posko tersebut akan disebar di wilayah Sumatera dan Kalimantan. “Sosialisasinya soal kondisi kesehatan, supaya masyarakat tidak terkena ISPA,” ungkapnya.

Syamsul menambahkan, Presiden Jokowi sangat memperhatikan bencana asap di wilayah tersebut. Karena itu, ada rencana Jokowi akan berkunjung ke wilayah Sumatera untuk memantau kondisi secara langsung. “Beliau sebetulnya malah akan berangkat ke Riau, dalam waktu dekat, besok atau lusa. Tapi tentu kita harus perhitungkan tentang visibility di sana,” kata Syamsul.

Menurut Syamsul, ada sekitar 300 hot spot, masing-masing untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan. Karena itu, Menteri Dalam Negeri diminta untuk memerintahkan kepala daerah tidak ragu menyatakan tanggap darurat asap.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar