Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Penegakan Hukum Kebakaran Hutan Dan Lahan Akan Dituntaskan

Penegakan Hukum Kebakaran Hutan Dan Lahan Akan Dituntaskan

Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dalam penanganan operasi darurat asap di Sumatera dan Kalimantan maka pada Sabtu (5/9) pukul 10.00 – 14.00 WIB telah digelar rapat koordinasi (Rakor) di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK). Hasil Rakor sebagai berikut:

1). Rapat dipimpin oleh Menteri ESDM selaku Menteri LHK ad interim. Hadir Panglima TNI, Kapolri, KSAD, Deputi Penanganan Darurat BNPB,  Gubernur Sumsel, pj Gubernur Jambi,  pj Gubernur Kalteng, Gubernur Riau, Danrem dan Kapolda 5 prov (Riau, Jambi, Sum Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah) dan Kepala Pelaksana BPBD.

2). Panglima TNI dan Kapolri akan mendukung personil yang dibutuhkan Pemda untuk “mengeroyok” api.

3). Posko darurat di provinsi agar lebih di aktifkan. Saat ini sebenarnya BPBD sudah mendirikan Posko, namun perlu ditingkatkan dengan melibatkan semua unsur. Menyusun organisasi Posko dengan mereplikasi pengalaman penanganan karhutla di Riau tahun 2013 dan 2014 . Danrem diarahkan sebagai IC (Incident Commander).

4). Menteri LHK akan menetapkan organisasi posko nasional yang berkedudukan di Kantor Kementerian LHK pada besok Selasa (8 September 2015) karena Menteri LHK masih di Oslo.

5) BNPB akan meneruskan dukungan operasi hujan buatan dan pemboman air. BNPB akan memberikan pendampingan teknis pengalaman keberhasilan penanganan Karhutla di Riau tahun 2013 dan 2014 kepada Kementerian LHK dan Pemda.

6). Kementerian LHK akan menyusun rencana aksi jangka panjang dan pendek tentang penyelesaian Karhutla ini.

7). Kementerian LHK dan Kementan tahun ini akan melakukan pengadaan alat pemadaman api (masih dalam proses tender).

8). Penegakan hukum yang lama dan yang berjalan harus segera dituntaskan.

9). Kebutuhan personil TNI dan Polri untuk mengeroyok api sedang dihitung oleh Kementerian LHK.

10).  Di Kementerian LHK tersedia anggaran untuk menyewa 4 unit air tractor dari Australia untuk pemboman air. Saat ini baru 1 unit yang datang di Riau.

11) Panglima TNI akan mengerahkan pesawat terbang untuk hujan buatan dan personil TNI sesuai permintaan dari Kementerian LHK.

Sumber: BNPB

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar