Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Banjir Jepang Tewaskan 3 Orang, Ribuan Penyelamat Dikerahkan

Banjir Jepang Tewaskan 3 Orang, Ribuan Penyelamat Dikerahkan

Banjir besar yang melanda wilayah Jepang bagian timur menewaskan sedikitnya 3 orang. Ribuan anggota tim penyelamat dikerahkan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

Hujan paling deras dalam beberapa dekade terakhir tersebut, terus melanda wilayah Jepang. Situasi kian memburuk dengan adanya terjangan topan Etau, yang mencapai wilayah Jepang pada awal pekan ini dengan membawa angin kencang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (11/9/2015), di kota Kanuma, utara Joso, seorang wanita berusia 63 tahun tewas tertimbun tanah longsor yang dipicu hujan deras. Sedangkan di wilayah Miyagi, seorang wanita berusia 48 tahun juga tewas akibat bencana alam ini. Korban ketiga merupakan seorang pria berusia 20-an tahun yang ditemukan tewas di prefektur Tochigi yang dilanda banjir parah.

Sedikitnya 25 orang, termasuk dua anak 8 tahun dinyatakan hilang saat bencana menerjang kota Joso, yang berjarak 60 kilometer dari ibu kota Tokyo. Warga setempat melambaikan handuk dari balkon rumah mereka untuk meminta bantuan. Helikopter militer dikerahkan untuk mengevakuasi warga.

Pemandangan dari udara terlihat dramatis dengan banyaknya rumah warga yang tersapu banjir, hingga mengingatkan warga pada tsunami dahsyat yang menerjang Jepang pada 4 tahun lalu.

“Saya masih merasa trauma (akibat tsunami yang lalu). Saya siap untuk melarikan diri begitu perintah evakuasi dikeluarkan,” tutur salah satu warga setempat kepada televisi setempat, NHK, dari tempat pengungsian di Minami Soma.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga menuturkan, sebanyak 5.800 tentara, polisi dan petugas pemadam kebakaran dikerahkan sejak Jumat (11/9) pagi ke area yang dilanda banjir untuk membantu evakuasi dan penyelamatan warga.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar