Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Tak Ada Awan BPPT Kesulitan Buat Hujan Atasi Kabut Asp

Tak Ada Awan BPPT Kesulitan Buat Hujan Atasi Kabut Asp

BPPT mengaku kesulitan untuk mendatangkan hujan buatan. Padahal bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan masih terasa masif.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyatno menyatakan pihaknya terus berupaya membantu mengatasi bencana kabut asap. Namun ada sejumlah kendala yang terjadi.”Kendalanya kan gini, hujan buatan bisa dibikin kalau ada awan, pesawat, dan ada uang tentunya. Problemnya ya itu karena ini sangat masif, kadang-kadang kewalahan ya jadi pesawat kurang walaupun sudah banyak dari TNI AU. Tapi karena sudah semakin banyaknya ya, jadi agak kurang kecover,” ujar Unggul.

Hal tersebut diungkapnya usai meninjau budidaya ikan di Kepulauan Seribu bersama Menristek Dikti M Nasir, Rabu (23/9/2015). Selain itu, masalah utama yang ditemui tim BPPT adalah tidak adanya awan untuk ditebar garam agar bisa menciptakan hujan.”Kalau nggak ada awan juga nggak bisa. Sekarang kan kering, coba lihat ini nggak ada awan. Padahal sudah masuk 3 bulan ya staf BPPT ada di Sumsel, Jambi sama di Kalimantan. Mereka selalu standby. Begitu ada awan kita segera bergerak. Dan sudah ada hujan juga kan beberapa hari lalu, berhasil juga kan ya upaya kami,” jelasnya.

Sementara itu, pesawat untuk menebar garam yang dirasa masih kurang juga menambah permasalahan. Sehingga menurut Unggul ke depan diperlukan tambahan pesawat agar bisa membantu TNI AU dalam proses pembuatan hujan buatan.”Terus menerus dilakukan upaya persiapan, ketersediaan pesawat. Tenaga orangnya juga. Biasanya pesawat yang ‘nyediain’ TNI AU tapi sebenarnya kita juga punya pesawat tapi sedang diperbaiki. Ini yang perlu jadi perhatian. Kalau garam kita ada, kan tinggal beli,” kata Unggul.

Kondisi hutan yang terbakar di Sumatera maupun Kalimantan bukan perkara mudah bagi tim gabungan dalam memadamkan api. Sehingga disebut Unggul perlu ada berbagai upaya yang dilakukan.”Problem lainnya juga kan hutan yang kebanyakan terbakar itu gambut ya. Gambut kalau terbakar itu tidak cukup hanya dengan water booming. Water booming memang bisa memadamkan sesaat, tapi nanti dia nyala lagi,” tutur Unggul.

“Permukaan memang kering tapi kan bawahnya juga masih nyala. Sebetulnya yang lebih efektif itu hujan buatan, tapi kendalanya tidak ada awan. Jadi harus kombinasi, hujan buatan, water booming juga,” sambungnya.

Untuk mengatisipasi pembakaran hutan dan lahan ini, berbagai pencegahan dinilai Unggul harus diprioritaskan. Seperti dengan membuat hujan buatan saat jelang musim kemarau untuk membuat basah daerah-daerah yang berpotensi terjadinya kabut asap.”Jadi daerah yang sudah langganan perlu juga dilakukan hujan buatan untuk membasahi. Saat menjelang musim kemarau. Itu perlu dijadikan upaya rutin. Selain tindakan seperti hukum kepada para pelanggar dan juga sosialisasi,” tutup Unggul.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar