Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Jokowi Beri Komando Langsung Atasi Kebakaran Hutan

Jokowi Beri Komando Langsung Atasi Kebakaran Hutan

Penyelesaian masalah kebakaran hutan kali ini telah melibatkan lintas sektoral. Presiden Joko Widodo pun memantau perkembangan penanggulangan tersebut setiap harinya.

“Presiden selain dengan Pemda kemudian Menhut sebagai poskonya, lalu tentara di bawah Panglima terus lakukan koordinasi. Saya kira Presiden terus lakukan update itu. Presiden terus mengomando terus menerima laporan dari Menhut, Menko Polhukam dan dari Mendagri,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2015).

Kebakaran hutan tahun ini memang juga terdampak oleh el nino sehingga cepat sekali meluas. Tetapi Teten menekankan bahwa pemerintah tetap mengerahkan segala upaya untuk menanggulangi bencana yang rutin betlangsung tiap tahun selama belasan tahun ini.

Jokowi juga telah meminta kepada Menko Perekonomian Darmin Nasution untuk mengkoordinasi penyusunan disintensif bagi pemilik lahan yang terbakar. Pemerintah telah sampai pada kesimpulan bahwa motif pembakaran lahan salah satunya adalah faktor ekonomi. Membuka lahan dengan cara dibakar dianggap lebih murah ketimbang menebang pohon secara manual.”Memang harus ada disintensif ekonomi supaya memang pemadaman kebakaran atau pencegahan kebakaran juga tanggung jawab pemilik lahan yang sudah diberi konsesi bukan hanya masyarakat. Bentuknya bisa saja nanti bentuknya pencabutan lahan izin lahannya, lalu juga bagaimana lahan yang terbakar itu dilarang untuk digunakan kebun misalnya dalam lima tahun, atau tidak bisa diperjualbelikan, dipindahtangankan, tak bisa digunakan ke bank,” papar Teten.

Penyelesaian masalah kebakaran hutan dinilai tidak bisa berhenti pada proses hukum saja. Tetapi harus ada sistem yang membuat para pemilik lahan takut untuk kembali membakar lahan.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar