Wednesday, 2/8/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BNPB, 3 Provinsi Beri Status Tanggap Darurat Asap, 3 Lainnya Masih Ditunggu

BNPB, 3 Provinsi Beri Status Tanggap Darurat Asap, 3 Lainnya Masih Ditunggu

Sejumlah provinsi di Sumatera dan Kalimantan terkena imbas bencana kabut asap. Sudah tiga provinsi memberikan status tanggap darurat.

“Hingga saat ini 3 provinsi sudah menyatakan status Tanggap Darurat yaitu Riau, Jambi dan Kalteng. Sedangkan Sumsel, Kalbar, dan Kalsel masih Siaga Darurat,” ujar Kepala Humas dan Informasi BNPB Sutopo Purwo di Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Padahal, kata Sutopo, sudah terjadi kekabaran hutan dan asap sehingga harusnya tiga provinsi itu juga sudah menaikkan status Tanggap Darurat agar ada kemudahan akses. “Gubernur menyatakan masih sanggup mengatasi kebakaran hutan di daerah masing-masing dengan bantuan dari Pemerintah Pusat,” ujar Sutopo.

BNPB mengalokasikan Rp 385 milyar untuk penanganan kebakaran hutan hingga September 2015. Diperkirakan BNPB akan menambah anggarannya karena karhutla masih berlangsung. Pemerintah pusat, melalui BNPB dan Kementerian LHK sudah sejak awal memberikan pendampingan atau membantu Pemda.

Hampir 95 persen pendanaan penanganan kebakaran hutan dari Pemerintah Pusat. BNPB mengerahkan 19 helikopter water bombing, 4 pesawat hujan buatan, memberikan peralatan pompa air, masker, bantuan dana operasional bagi personil di lapangan, mengerahkan 3.773 personil TNI dan 770 personil Polri dari pusat yang diperbantukan ke daerah.”Minimnya APBD yang dialokasikan untuk penanganan karhutla di daerah memang salah satu kendala. Sudah tahu tiap tahun terjadi karhutla, namun tidak mengalokasikan APBD yang memadai,” kata Sutopo.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar