Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Jokowi Perintahkan Menkes RS dan Puskesmas Buka 24 Jam di Daerah Bencana Asap

Jokowi Perintahkan Menkes RS dan Puskesmas Buka 24 Jam di Daerah Bencana Asap

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F.Moeloek untuk membuka 24 jam operasional Rumah Sakit dan Puskesmas di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Pasalnya, kata Jokowi, terjadi darurat bencana asap di Palangkaraya. Bencana asap di Palangkaraya mengalami peningkatan.”Saya minta rumah sakit dan Puskesmas buka 24 jam ,” ujar Jokowi dalam akun media sosialnya, Jumat (16/10/2015) beberapa saat lalu.

Ditambahkan Jokowi dalam Fanpage Facebooknya, Pemerintah juga telah membuka rumah singgah, yang dilengkapi tenda isolasi yang mempunyai saringan udara. Ini untuk menyelamatkan bayi, anak-anak dan penderita sakit pernafasan.”Kiriman obat, oksigen dan masker sudah mulai dimanfaatkan. Makanan tambahan untuk bayi dan balita juga sudah dikirim,” tulis Jokowi dalam fanpagenya.

 

Diberitakan Jumat (16/10/2015), Partikel asap di Palangkaraya telah mencapai level sangat berbahaya. Partikel debu berukuran 2,5 sampai 10 mikrometer atau PM10 telah mencapai 2483mg/m3 berdasarkan pantauan BMKG Bandara Cilik Riwut, Kalimantan Tengah.

“Itu kondisi yang paling parah di Palangkaraya selama kemarau. Level itu merupakan angka paling tinggi selama ini,” ujar Anton, Kasi Data dan Informasi BMKG Bandara Cilik Riwut.

Kabut asap yang sangat pekat itu juga membuat jarak pandang hanya mencapai 100 meter saja. “Padahal berdasarkan pengamatan kami di Kalteng dalam 3 hari kedepan masih belum ada potensi hujan sama sekali,”katanya.

Pantauan satelit Terra yang di pantau hari ini menunjukkan jumlah titik panas (hotspot) mencapai 187 titik dan yang mencapai ketepatan hingga mencapai 80 persen, jumlahnya mencapai 59 titik dengan sebaran terbanyak di Kabupaten Seruyan 19 titik, Katingan 13 titik, Sukamara 9 titik, Pulang Pisau 8 titik , Kotawaringin Timur 5 titik, Kotawaringin Barat 3 titik dan Palangkaraya 2 titik.”Sebagai perbandingan, jumlah titik api pada Kamis kemarin mencapai 1142 titik,” kata Anton.

Dari pantauan di Palangkaraya, sekitar pukul 12.00 WIB, kabut asap sudah mengeluarkan warna kekuning kuningan dengan kondisi sangat pekat. Jarak pandang dalam kota saat ini hanya tinggal mencapai 25-50 meter.

Sumber: Tribun

 

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar