Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Satelit Deteksi 39 Titik Panas Di Bangka Belitung

Satelit Deteksi 39 Titik Panas Di Bangka Belitung

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pangkalpinang mencatat 39 titik panas terdeteksi oleh Satelit Terra dan Aqua di Kepulauan Bangka Belitung, Selasa.

Sebanyak 12 di antaranya tersebar di Kabupaten Bangka Selatan, kata Staf Koordinator Unit Analisis BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai di Pangkalpinang.Ia menjelaskan, 12 titik di Bangka Selatan tersebar di Kecamatan Payung dan Simpang Rimba masing-masing terdeteksi satu titik, sedangkan Kecamatan Toboali dan Air Gegas sama-sama terpantau sebanyak lima titik. Titik panas itu dapat berubah sewaktu-waktu tergantung suhu udara dan aktivitas pembakaran lahan pada saat kemarau, katanya.

Sementara di Kabupaten Bangka Tengah, terdeteksi delapan titik panas yang tersebar di Kecamatan Koba sebanyak satu titik, Sungai Selan tiga titik dan di Kecamatan pangkalan Baru terpantau ada empat titik panas.”Sedangkan di Kabupaten Belitung terdeteksi empat titik panas yang tersebar di Kecamatan Membalong dan Badau masing-masing dua titik panas,” katanya.

Kemudian di Kabupaten Bangka sebanyak 11 titik yang lima di antaranya tersebar di Kecamatan Belinyu, empat di Riau Silip dan dua titik di Mendo Barat.

Demikian juga di Kabupaten Bangka Barat, terdeteksi sebanyak tiga titik panas, yakni di Kecamatan Kelapa dua titik dan di Jebus satu titik.“Penyumbang titik pana di Babel yakni ada di Kabupaten Belitung Timur, yakni hanya satu titik yang tersebar di Kecamatan Gantung,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan, untuk mengurangi polusi udara yang akan merugikan kesehatan masyarakat.”Kami berharap masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan, karena api akan sulit ditangani seiring kecepatan angin selama musim kemarau ini cukup kencang,” katanya.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar