Saturday, 29/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BNPB Fasilitasi BPBD Sebagai Fasilitator Sekolah/Madrasah Aman Bencana

BNPB Fasilitasi BPBD Sebagai Fasilitator Sekolah/Madrasah Aman Bencana

Media publikasi sekolah merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi yang berperan penting dalam proses memberikan pemahaman kepada warga sekolah. Di sisi lain, media ini menjadi ruang untuk warga sekolah mengembangkan, merencanakan, memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan dan informasi tentang bencana. Penjelasan materi ini disampaikan fasilitator Mariana Pardede pada Bimbingan Teknis (bimtek) Calon Fasilitator Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana pada Kamis (3/12) di Bali.

Mewarnai, poster, pertunjukkan, majalah, lagu pendek berbasis lokal merupakan bentuk-bentuk yang dapat membangun pemahaman dan kesadaran terhadap potensi atau pun risiko bencana. “Media sebaiknya mudah dipahami sesuai dengan konteks lokal atau daerah”, kata Mariana dari organisasi KYPA.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengurangan Risiko Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bertujuan untuk melatih calon fasilitator agar memiliki kemampuan dalam mendampingi proses implementasi penerapan sekolah/madrasah aman bencana di daerah. Bimtek yang berlangsung pada 30 November hingga 4 Desember 2015 membekali peserta dengan berbagai materi seperti teknik fasilitasi, tiga sekolah aman, tim siaga, media publikasi, dan sebagainya.

Sekolah/Madrasah aman bencana merupakan bagian pengurangan risiko bencana. BNPB dan berbagai pihak berupaya membangun budaya sadar bencana dengan mengkampanyekan “Satu Juta Sekolah dan Rumah Sakit Aman” dan sekigus membangun ketahanan dan ketangguhan masyarakat. Kampanye tersebut menargetkan lebih dari 3.000 sekolah dan 100 rumah sakit aman bencana. BNPB telah menerbitkan Peraturan Kepala BNPB Nomor 4 Tahun 2012 tentang Penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana. Pada konteks tersebut, BNPB mendukung dengan melatih fasilitator-fasilitator dalam proses implementasi sekolah/madrasah aman bencana.

Sumber: BNPB

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar