Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Setelah Asap, Siaga Banjir Dan Longsor Di Riau

Setelah Asap, Siaga Banjir Dan Longsor Di Riau

Kepala BNPB memimpin apel penutupan operasi siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan dan gelar pasukan siaga darurat bencana banjir dan longsor di Provinsi Riau tahun 2015 di Lanud AU Bandara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru (7/12). Dalam arahan, Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan bupati atau kepala daerah adalah orang pertama yang bertanggung jawab terhadap bencana di daerahnya, BNPB hanya bersifat mendampingi  dalam penanggulangan bencana  sesuai semangat otonomi daerah. “Disiapkan sedini mungkin rencana kontijensi  atau kesiapsiagaan lalu galdikan agar meminimalisir bencana dan tidak menyebar luas dampaknya” kata Willem.

Pencegahan hendaknya dimulai dari tingkat desa, selain itu kanal bersekat juga harus dikerjakan dan dimiliki oleh setiap pemilik lahan, serta alokasi APBD untuk penanggulangan bencana yang harus memadai. Hal tersebut menjadi poin-poin mendasar perbaikan dimasa mendatang.Terkait banjir dan longsor menurut BMKG bulan Desember 2015 adalah puncak rata-rata hujan di Provinsi Riau. “Terima kasih kepada pemerintah Riau yang telah mengeluarkan pernyataan siaga banjir dan longsor di Riau. Serta kesiapsiagaan semua pihak terkait dalam apel ini. Kegiatan ini merupakan tindakan antisipasi dan responsif dalam penanggulangan bencana” ucap Kepala BNPB.

Pada akhir arahan Kepala BNPB mengucapkan Terima kasih ke Kemenko Polhukam dan Kemenko PMK. Kemen LHK, Gubernur dan pejabat pemda Riau,serta Kepala Daerah, TNI, Polri, Manggala Agni, BKSDA, BPPT, BMKG,Tim Penegak Polri & PPNE, Kemenkes,relawan,dunia usaha dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.Pada saat yang bersamaan Plt.Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman juga memberikan surat penghargaan bagi pihak-pihak yang telah membantu. Serta BNPB juga memberikan bantuan mobil tangki air, mobil serbaguna, mobil ranger dan perahu karet untuk BPBD Kabupatan/Kota di Provinsi Riau.

Sumber: BNPB

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar