Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Sidoarjo-Surabaya Jadi Percontohan PB

Sidoarjo-Surabaya Jadi Percontohan PB

Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya, Jawa Timur, menjadi percontohan penanganan bencana oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Konsultan Management Pusat PU Cipta Karya Jakarta, Rudin Simangunsong, Selasa, menyatakan alasan dipilihnya Kota Surabaya-Sidoarjo sebagai Kota yang ditunjuk sebagai Kota Model Percontohan (Pilot Project) karena dua kota tersebut dianggap dari data kejadian bencana seperti kejadian bencana kebakaran dipemukiman kawasan tersebut terbanyak.”Kami memilih empat daerah di Surabaya dan enam daerah di Kabupaten Sidoarjo yang dipilih sebagai pilot project atau kota model percontohan penanggulangan bencana,” katanya saat menggelar Workshop Keberlanjutan Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK) di gelar di Hotel Sun City, Sidoarjo.

Ia mengemukakan, hal tersebut berdasarkan data yang diterima bahwa dua kota itu kejadian bencana kebakaran terbanyak di Jawa Timur.”Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan supaya terwujud perubahan sikap dan perilaku masyarakat untuk hidup bersih, sehat dan produktif,” katanya.

Selain itu juga, kata dia, meningkatkan peran dan kontribusi Pemerintah Daerah (Pemda) serta partisipasi masyarakat dalam mencapai target.”Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak positif dalam penanganan bencana yang kerap kali terjadi,” katanya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Asrofi mengharapkan masyarakat Sidoarjo dapat berpartisipasi dalam program pemerintah ini guna menanggulangi bencana di desa-desa khususnya di Sidoarjo.”Saya harap Program Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman (P2KKP) yang di wilayah Kabupaten Sidoarjo ada di 6 Desa yaitu Tropodo, Gedangan, Brebek, Pabean, Sidokare dan Bulu Sidokare yang mendapat program itu dapat berpartisipasi dalam program pemerintah ini guna dalam menanggulangi bencana di desa-desa,” katanya.

Menurutnya, ini merupakan upaya nyata dari P2KKP, dan program ini harus benar-benar kita laksanakan dengan baik dari semua kalangan harus ikut berpartisipasi dan berkreasi.”Hal tersebut supaya program ini sukses dan bisa menjadi percontohan ke kota lain di Jawa Timur maupun di tingkat nasional,” katanya.

Ia menambahkan jika di setiap desa diharapkan menghidupkan kembali pos keamanan lingkungan dan di dalam pos tersebut harus di fasilitasi keamanan untuk bencana kebakaran maupun banjir.”Peran serta masyarakat dalam P2KKP ini, sangat membutuhkan peran aktif masyarakat, dan saya harap kegiatan pos kamling di desa desa di galak kan lagi dan fasilitas pendukung kebencanaan di pos kamling itu harus disediakan,” katanya.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar