Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Bromo Terus Meletus, Status Siaga

Bromo Terus Meletus, Status Siaga

Berdasarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Bromo masih berstatus Siaga pada hari ini (16/12). Gunung yang berada di Kabupaten Probolonggo, Jawa Timur masih mengalami erupsi dan terlihat hujan abu tipis yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunugapi.

Merespon aktivitas Bromo yang masih aktif, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait. BPBD telah memantau daerah terdampak seperti Kecamatan Tosari dan Tutur. BPBD bersama satuan kerja lain (SKPD) memasang rambu dan jalur evakuasi. Sementara itu, BPBD Provinsi Jawa Timur membantu pemerintah setempat dengan 5.000 masker dan 10 paket kesehatan, sedangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan telah mendistribusikan masker kepada warga terdampak langsung. Pos lapangan yang telah dipersiapkan oleh BPBD berlokasi di Desa Wonokriti.

Dalam membangun kesadaran atas potensi bencana, Kepala PPGA Bromo melakukan sosialisasi kepada pemerintah dan warga setempat pada Selasa (15/12) di Balai Desa Wonokriti.

Aktivitas erupsi Gunung Bromo juga berdampak terhadap wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wilayah yang teridentifikasi terdampak antara lain Kecamatan Poncokusumo dan Jabung. Disribusi abu menyebabkan operasional Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang tutup. BPBD setempat telah menyiapkan 8.000 masker untuk warga yang berada di Kecamatan Poncokusumo.

Secara umum dampak erupsi G. Bromo di wilayah Kab. Probolinggo, Pasuruan dan Malang masih pada situasi aman dan tetap pada status siaga darurat, adapun jika terdapat hujan abu masih dalam kategori tipis dan dapat diatasi secara mandiri oleh masyarakat.

Sumber: BNPB

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar