Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Dalam Sebulan Di Sukabumi Terjadi 50 Kasus Bencana

Dalam Sebulan Di Sukabumi Terjadi 50 Kasus Bencana

Dalam waktu sebulan sejak 9 November 2015 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sudah terjadi 50 kasus bencana tanah longsor dan puting beliung.

“Terhitung sejak masuk musim penghujan hingga saat ini sudah terjadi 45 kasus bencana tanah longsor dan lima kasus puting beliung,” kata Kepala Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo di Sukabumi, Senin.

Akibat bencana tersebut sebanyak 12 rumah rusak berat, 10 rumah rusak sedang dan puluhan lainnya rusak ringan, namun tidak ada korban jiwa.

Pada Senin (14/12) pihaknya juga menerima laporan tanah amblas di Kecamatan Cisolok yang menyebabkan empat rumah rusak. “Bencana alam itu tidak hanya merusak permukiman, tetapi fasilitas umum seperti jalan penghubung dan lain-lain banyak yang rusak,” kata dia.

Walau secara kuantitas tergolong tinggi, kata Usman, namun hingga kini dampak bencana tidak terlalu besar.

Usman mengatakan untuk memperkecil dampak bencana baik harta maupun jiwa, pihaknya memasang satu unit alat deteksi dini bencana di Kecamatan Pabuaran.”Secara bertahap kami akan memasang alat yang berasal dari bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tapi untuk sementara alat itu dipasang di lokasi paling rawan bencana,” katanya.

Sementara itu di Kecamatan Cibadak dan Nagrak saat ini tengah dilakukan penelitian oleh tim geologi dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

BPBD Kabupaten Sukabumi saat ini menyiagakan puluhan relawan penanggulangan bencana yang siap bergerak cepat bila terjadi bencana sekecil apa pun.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar