Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Tahun Baru Unik di Makassar, Parade Pemadam Kebakaran

Tahun Baru Unik di Makassar, Parade Pemadam Kebakaran

Perayaan malam Tahun Baru di Makassar dilakukan dengan cara berbeda dengan yang ada di kota lain. Di sini, akan diadakan parade pemadam kebakaran.

Kalau di kota lain, biasanya hanya sekadar pesta kembang api dan meniup terompet. Tapi, kalau di Makassar, perayaan pergantian tahun nanti malam akan dimeriahkan dengan memanfaatkan 28 unit mobil pemadam kebakaran di kawasan Pantai Losari, Makassar.

Walikota Makassar Ramdhan Pomanto pada detikTravel saat memantau kesiapan petugas Damkar Kota Makassar, kamis sore (31/12/2015) di anjungan Pantai Losari, menyebutkan bahwa petugas pemadam akan unjuk kebolehan dengan berparade dengan sambil berkreasi menggunakan pompa airnya, dipadukan dengan pesta kembang api.”Peringatan malam tahun baru kita rayakan dengan cara unik dan memanfaatkan tenaga-tenaga handal para petugas pemadam kebakaran dan sumber daya yang kita miliki sendiri, buat apa repot-repot segala kalau ada yang bagus kita miliki,” ujar Walikota yang akrab disapa Danny.

Danny yang berlatar belakang Arsitek ini sengaja menyiapkan puluhan mobil pemadam untuk dijadikan panggung. Selain dapat menghemat biaya, sekaligus memanfaatkan momentum pergantian tahun dengan memperkenalkan 28 unit armada baru Dinas Damkar Makassar dan pembentukan relawan Bantuan Laskar Pemadam Kebakaran (Balakar) yang beranggotakan 280 orang dari 14 kecamatan yang ada di Makassar.

Kadis Pemadam Kebakaran Imran Samad pada detikTravel menyebutkan nanti malam, anggotanya akan memamerkan kemampuannya berkreasi dengan memainkan alat semprot yang biasanya dipakai menyemprot api atau bangunan yang terbakar. Juga, dipadukan dengan suara sirene dan pencahayaan yang menarik.”Bantuan armada baru ini merupakan kesiapan pemkot Makassar mengantisipasi bencana kebakaran dengan mempercepat respon time pada setiap peristiwa, dengan mengandalkan petugas pemadam dan relawan yang ada di tiap kelurahan,” pungkas kakak kandung mantan ketua KPK Abraham Samad ini.

Dalam rangka perayaan malam Tahun Baru yang dipusatkan di kawasan Pantai Losari ini, aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan kota Makassar melakukan penutupan jalan yang mengarah ke Pantai Losari, seperti Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Ali Malaka, Jalan Yosef Latumahina dan Jalan Penghibur.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar