Sunday, 30/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Terjebak Di Dalam Mobil Saat Banjir Bandang, Satu Keluarga Meninggal Dunia

Terjebak Di Dalam Mobil Saat Banjir Bandang, Satu Keluarga Meninggal Dunia

Satu keluarga meninggal dunia di dalam mobil, Senin (25/7/2016), akibat diterjang banjir lumpur di dekat Lippo Carita, Anyer, Banten, Minggu (24/7/2016).

Kepala Sub Bagian Humas Basarnas M Hernanto dikutipTribunnews, Senin.”Ya, benar, diduga di dalam mobil itu berisi satu keluarga,” Hernanto menjelaskan, kejadian bermula saat hujan deras mengguyur wilayah Banten dan sekitarnya. Usai hujan, banjir lumpur terjadi di Desa Sukajadi, Pandeglang, Banten.

Banjir lumpur tersebut datang tiba-tiba dengan ketinggian hampir satu meter dan menerjang mobil tersebut.Tidak hanya menimpa mobil, banjir lumpur juga menyebabkan ratusan warga Sukajadi dievakuasi.

Secara terpisah, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa keempat korban tersebut meninggal dunia diduga karena keracunan gas monoksida (CO) akibat kendaraan tetap dihidupkan saat terjebak dalam longsor dalam waktu yang cukup lama. Korban ditemukan saat kendaraan masih dalam keadaan hidup.

Sutopo mengatakan, hujan deras disertai air laut telah menyebabkan banjir bandang melanda empat desa di Kecamatan Labuan, yaitu Desa Teluk, Cigondang, Labuan, Kalang Anyar, dan dua desa di Kecamatan Carita, yaitu Sukajadi dan Carita Kampung Cengkara pada Minggu sekitar pukul 21.00 WIB.

Hujan deras menyebabkan longsor di perbukitan yang kemudian menimbulkan banjir bandang. Pada saat bersamaan, air laut pasang sehingga banjir menggenangi permukiman setinggi 50-150 cm.”Pada saat kejadian, beberapa mobil yang melintas di Jalan Raya Carita Labuan Km 9 Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, terjebak lumpur setinggi 50 cm,” kata Sutopo melalui siaran pers, Senin.

Keempat korban adalah satu keluarga, yaitu Evi Lutfiah (41), Ahmad A Yani (52), Syarifatul Ginayah (18), dan M Fahri (6). Korban baru bisa diangkut pada Senin pagi setelah empat alat berat diturunkan untuk membuka akses jalan yang tertutup material longsor dari Gunung Asepan.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar