Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Agustus 2016 Ini, Temukan Fenomena 5 Planet Akan Sejajar Indah

Agustus 2016 Ini, Temukan Fenomena 5 Planet Akan Sejajar Indah

Siap-siap untuk melihat fenomena alam yang begitu mengagumkan pada bulan depan. Karena lima planet di tata surya kita ini akan berada dalam satu garis sejajar di langit. Dan kita dapat menyasikannya hanya dengan mata telanjang.

Setelah matahari terbenam, planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan berada dalam satu garis sejajar di angkasa pada malam hari. Fenomena ini dapat terjadi karena seluruh sistem tata surya bentuknya datar seperti piringan hitam.

“Planet yang jaraknya lebih dekat dengan Matahari seperti Merkurius dan Venus, akan sulit dilihat pada siang sehingga waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah ketika malam hari” kata Alan Duffy, seorang astronom dari Swinburne University of Technology di Australia.

Duffy melanjutkan bahwa lima planet ini akan membentang di angkasa, dan berlabuh di cakrawala seiring terbenamnya Matahari. Untuk melihat fenomena ini, disetiap wilayahnya tentu akan berbeda. Untuk Australia dan sekitarnya, waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah pada akhir bulan agustus pukul 19.00. Di wilayah Eropa atau Amerika Utara, waktu terbaik adalah sekitar pukul 21.00. Semakin jauh lokasi suatu daerah dari garis khatulistiwa, maka akan semakin sedikit waktu yang diperoleh untuk bisa menyaksikan lima planet ini berjajar secara utuh. Duffy mendorong masyarakat agar tidak ketinggalan untuk menyaksikan fenomena ini, sebab tidak akan ada lagi lima planet secara indah berjajar rapi dalam satu barisan, setidaknya sampai 2018 mendatang.

Sumber: National Geographic Indonesia

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar