Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

PBB, Pola Cuaca El Nino Terkini Sudah Berakhir

PBB, Pola Cuaca El Nino Terkini Sudah Berakhir

Fenomena cuaca El Nino terkini, yang merupakan salah satu yang terkuat dalam catatan, telah berakhir tetapi bisa berganti dengan cuaca buruk akibat La Nina dalam beberapa bulan mendatang menurut Badan Meteorologi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kamis (28/7).

Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO) seperti dikutip kantor berita AFP mengatakan, “Indikator atmosfer yang menunjukkan pola El Nino kuat pada awal 2016 kembali mendekati rata-rata normal pada Juni dan Juli”.

El Nino memengaruhi pola curah hujan dan menyebabkan kekeringan serta kebanjiran. Saat fenomena tersebut surut, tren pendinginan Pasifik yang dikenal dengan El Nina biasanya bermula, dan sering kali menyebabkan peningkatan curah hujan, badai dan salju di seluruh dunia.

La Nina mungkin berkembang di kuartal ketiga tahun ini, tetapi kemungkinan akan lemah menurut WMO. Badan meterorologi itu memperkirakan fenomena La Nina kali ini hanya moderat, tidak kuat seperti yang terjadi tahun 2010-2011. Enam bulan pertama tahun ini adalah yang terpanas dalam catatan sejarah, menjadikan 2016 sebagai tahun terpanas meski pola La Nina mungkin akan berkembang.

El Nino terjadi setiap empat hingga lima tahun sekali. Versi terkini sudah menyebabkan 60 juta orang di seluruh dunia “membutuhkan bantuan mendesak”, khususnya di Afrika, kata Stephen O’Brien, wakil sekretaris jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan dan bantuan, pada April.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar