Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Nepal, Akibat Banjir 58 Orang Tewas, 1 Juta Warga India Mengungsi

Nepal, Akibat Banjir 58 Orang Tewas, 1 Juta Warga India Mengungsi

Wilayah India dan Nepal yang saling berbatasan di terjang banjir parah, sedikitnya 58 orang tewas di Nepal dan lebih dari 1,6 juta warga terdampak banjir di India.

Disampaikan pejabat Kementerian Dalam Negeri Nepal, Yadav Koirala, seperti dilansir Reuters, Kamis (28/7/2016), bahwa sejumlah desa di wilayahnya dilanda banjir bandang yang diwarnai tanah longsor. Koirala menyebut sedikitnya 58 orang tewas dalam dua hari terakhir.

Koirala menyebut, lebih dari 2 ribu rumah hancur akibat bencana alam itu. Sedangkan sekitar 20 orang dilaporkan hilang. Situasi di Nepal semakin parah dengan robohnya jembatan Sungai Tinau di kota Butwal. Jembatan itu ambruk usai aliran sungai yang meluap, mengikis fondasi jembatan.

Kantor prakiraan cuaca India memprediksi hujan deras terus mengguyur untuk 48 jam ke depan. Wilayah Assam yang dikenal sebagai area perkebunan teh, menjadi wilayah paling terdampak banjir di India. Otoritas India menyebut ratusan rumah terkubur longsor dan salah satu taman nasional nyaris tenggelam.

Banjir dan tanah longsor tergolong biasa melanda wilayah India dan Nepal selama musim penghujan pada Juni-September. Setiap tahunnya, jumlah korban tewas mencapai ratusan orang. “Situasinya berubah dari buruk menjadi semakin buruk sejak Selasa (26/7) dan lebih dari 1 juta orang dievakuasi ke kamp pengungsian,” terang Menteri Sumber Daya Air untuk wilayah Assam, Keshab Mahanta.

Sungai Brahmaputra dan anak-anak sungainya meluap, dikhawatirkan akan berdampak pada separuh dari 32 distrik yang ada di sepanjang aliran sungai. Untuk wilayah Assam, polisi dan petugas penyelamat setempat melaporkan sedikitnya 12 orang tewas tenggelam, dalam beberapa hari terakhir.

Wilayah Assam memiliki lima taman nasional, termasuk Taman Nasional Kaziranga, yang merupakan rumah bagi dua pertiga populasi badak bercula satu di dunia. “Lebih dari 80 persen taman (nasional) digenangi air,” sebut pejabat kehutanan setempat, Suvasis Das.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar