Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Hujan Meteor Perseid Hiasi Langit Malam 11-12 Agustus

Hujan Meteor Perseid Hiasi Langit Malam 11-12 Agustus

Hujan meteor Perseid, yang dikenal dengan meteor-meteor terang dan cepat, akan menghiasi langit malam pada 11 dan 12 Agustus menurut laman Badan Aeronautika dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Perseid muncul setiap tahun pada bulan Agustus, ketika Bumi melewati jalur puing yang ditinggalkan oleh komet kuno.

Tahun ini mungkin Bumi akan berada lebih dekat dengan jalur-jalur puing komet yang menghasilkan hujan meteor, memunculkan “bintang-bintang jatuh” di langit malam.”Pemrakira memprediksi semburan Perseid tahun ini lajunya dua kali lipat dari normal pada 11-12 Agustus, dengan kondisi sempurna, lajunya bisa meningkat sampai 200 meteor per jam.” kata Bill Cooke dari Meteoroid Environments OfficeNASA di Huntsville, Alabama.

Semburan Perseid, hujan meteor dengan lebih banyak meteor dari biasanya, terakhir terjadi 2009. Setiap meteor Perseid adalah satu potongan kecil komet Swift-Tuttle, yang mengorbit matahari setiap 133 tahun. Setiap mengayun melalui bagian dalam tata surya, itu meninggalkan triliunan partikel.

Ketika Bumi melewati jalur dengan puing-puing Swift-Tuttle, bintik benda yang masuk ke atmosfer Bumi dan hancur dalam kilatan cahaya. Meteor-meteor ini disebut Perseid karena terbang keluar dari konstelasi Perseus.”Meteor-meteor yang akan kau lihat tahun ini berasal dari lintasan komet yang terjadi ratusan jika tidak ribuan tahun lalu, dan mereka telah melakukan perjalanan miliaran mil sebelum mereka meluncur ke atmosfer Bumi ” kata Cooke.

Cara terbaik untuk menyaksikan Perseid, yang meluncur dengan kecepatan 59 kilometer per detik atau 500 kali lebih cepat dari mobil tercepat di dunia, adalah dengan pergi keluar antara tengah malam hingga fajar 12 Agustus. Lalu luangkan sekitar 45 menit untuk membiasakan mata dengan kegelapan, lalu menatap lurus ke atas. Peningkatan aktivitas juga mungkin terlihat pada 12-13 Agustus.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar