Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Potensi Banjir Dan Longsor Makin Tinggi Akibat La Nina Menguat

Potensi Banjir Dan Longsor Makin Tinggi Akibat La Nina Menguat

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya mengatakan fenomena La Nina atau kemarau basah akan semakin meningkatkan potensi banjir dan tanah longsor.

Menurut Andi, La Nina membuat hujan turun lebih sering dibandingkan kondisi normal. Keadaan itu tetap dapat terjadi pada musim kemarau. La Nina berpotensi menyebabkan sebagian wilayah Indonesia akan mengalami musim kemarau yang sangat singkat atau bahkan tidak sama sekali.

“Dampak lainnya, 70 persen wilayah Indonesia akan mengalami musim hujan lebih awal pada tahun 2016 dan 2017,” ujar Andi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/9).

BMKG mencatat, fenomena La Nina terjadi sejak Juli lalu dan kian menguat. La Nina diprediksi akan terus menguat hingga Februari mendatang, dengan intensitas moderat.

Andi berkata, curah hujan akan datang mulai dari wilayah timur Indonesia dan akan merambat ke wilayah barat Indonesia. BMKG memprediksi 92,7 persen wilayah Indonesia akan mengalami musim hujan November nanti. “Pada musim transisi, Agustus sampai Oktober, ditandai hujan dan angin besar dengan periode singkat,” kata Andi.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mulai mengantisipasi dan mengurangi potensi bencana, khususnya banjir dan tanah longsor di beberapa daerah rawan. Menjaga saluran drainase dan sungai merupakan dua contoh pencegahan vital. “Pohon-pohon di jalan di pangkas, papan reklame diperkuat, dan yang terpenting jangan buang sampah di sungai atau got. Perbanyak biopori dan sumur resapan,” kata Andi

Sumber: CNN Indonesia

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar