Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Mengenang 133 Tahun Letusan Krakatau

Mengenang 133 Tahun Letusan Krakatau

Tahun 1883, dunia mendadak gelap setelah Gunung Krakatau meletus. Dahsyatnya letusan itu hingga meruntuhkan dua pertiga bagian gunung dan melenyapkan sebagian besar pulau di sekelilingnya. Tidak berhenti sampai disitu, aktivitas seismik Krakatau terus berlangsung sepanjang tahun hingga 1884. Hingga kini, letusan Krakatau merupakan bencana alam paling mematikan dan paling metusak dalam sejarah. Krakatau menelan setidaknya 36 ribu jiwa akibat letusan dan tsunami. Dampak letusannya pun bisa dirasakan di seluruh dunia.

Kini, 133 tahun setelah Krakatau memuntahkan lava, Lampung tidak lantas melupakan kekuatan gunung tersebut. Setiap tahunnya, Lampung mengenang letusan Krakatau melalui sebuah festival. Tahun ini, Festival Krakatau dihelat selama lima hari, pada 24-28 Agustus 2016 lalu.“Tidak hanya untuk mengenang letusan gunung, Festival Krakatau ini juga merupakan ajang promosi wisata dan budaya,” ujar Gubernur Lampung M Ridho Ficardo.

Ada banyak hal yang baru di Festival Krakatau kali ini, yakni kegiatan Jelajah Pasar Seni, Jelajah Layang-Layang, Jelajah Rasa, Jelajah Semarak Budaya, serta Jelajah Krakatau di Anak Gunung Krakatau, Lampung Selatan.

Adapun di kegiatan Jelajah Semarak Budaya, sebanyak 1500 peserta menggunakan topeng dan mendapatkan Rekor Muri. Pawai kendaraan hias diikuti oleh 15 Kabupaten/Kota dengan berbagai dekorasi yang melambangkan Lampung.

Selain itu ada penambahan jargon, ‘Lampung The Treasure of Sumatera’. Ridho menyebut itu sebagai upaya memajukan sektor pariwisata provinsinya.“Krakatau membuat Lampung terkenal, tapi kami juga harus memperbaiki infrastruktur untuk menjamin kenyamanan wisatawan yang datang,” sebut Ridho.

Salah satu yang kini tengah dia gencarkan adalah pembangunan terminal pelabuhan kapal pesiar, juga ekoturisme. Pasalnya, Lampung punya banyak potensi wisata bahari, selain Krakatau yang menjadi daya tarik utama.

Sumber: CNN Indonesia

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar