Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Antisipasi Bencana, BNPB Siapkan Peta Rawan Banjir

Antisipasi Bencana, BNPB Siapkan Peta Rawan Banjir

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar membuat peta rawan banjir. Langkah ini diperlukan untuk menghadapi kesiapan datangnya musim penghujan yang disertai La Nina.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, dari hasil rapat koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, musim penghujan diperkirakan sudah berjalan pada Agustus hingga November. “Saya instruksikan ke kementerian/lembaga terkait untuk antisipasi banjir dan longsor,” ucapnya di Jakarta, Jumat, 2 September 2016. Secara khusus, Menko Puan meminta BNPB dan Kementerian Dalam Negeri untuk segera berkoordinasi.

Menurut Puan, Kemendagri diberi tugas segera berkoordinasi dengan para kepala daerah untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor. “Lakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat yang ada di daerah rawan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNPB Willem Rampangile menambahkan, pembuatan peta rawan banjir akan menjadi prioritas utama dibandingkan peta rawan bencana. Alasannya, pembuatan peta rawan bencana membutuhkan kriteria khusus. Menurut dia, baru seratus kabupaten yang mempunyai peta penanggulangan bencana.

Dari data BNPB, di seluruh wilayah Indonesia, ada 63,7 juta jiwa yang rawan terkena banjir. Sedangkan masyarakat yang rawan terkena longsor mencapai 60,9 juta jiwa. “Ini yang jadi prioritas untuk diselamatkan,” kata Willem.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar