Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Bencana Tanah Ambles Landa Tasikmalaya

Bencana Tanah Ambles Landa Tasikmalaya

Sebanyak 53 kepala keluarga di Kampung Sukasari, Desa Kawitan, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, mengalami ketakutan dan tak bisa tidur setiap malam jika terjadi hujan turun. Mereka khawatir terjadi tanah ambles susulan dan kerap mengungsikan anggota keluarganya ke lokasi yang lebih aman.

“Setiap malam kalau turun hujan di sini semua warga begadang dan tak bisa tidur. Kami khawatir terjadi ambles susulan dan membahayakan keluarga kami. Kami takut dan mengungsikan anak istri ke lokasi aman,” terang Elis Suryani (46), salah seorang warga setempat di lokasi kejadian, Senin (5/9/2016) siang.

Selain itu, Masjid Al Wusto yang berada di pinggir jalan ambles kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Pagar bagian depan masjid sudah retak dan bergeser ke bawah. Padahal, masjid tersebut setiap malam dipakai ratusan anak untuk mengaji dan shalat berjemaah warga. “Setiap malam meski kondisi seperti ini masjid masih dipakai anak-anak mengaji. Shalat berjemaah tentunya oleh warga. Harus bagaimana lagi, masjid terdekat cuma di sini,” kata dia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Kundang Sodikin mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk perbaikan jalan dan sekitarnya. Bahkan, rencananya hari ini tim dari Dinas Binamarga meluncur untuk melakukan perbaikan. Soalnya, jalan tersebut merupakan salah satu akses utama warga menuju kawasan Pesisir Selatan Tasikmalaya. “Dinas terkait sudah respon dan waktu dekat dekat ini akan segera diperbaiki. Hari ini suratnya sudah sampai ke saya,” ujar Kundang.

Sementara warga setempat diimbau untuk terus waspada jika hujan turun di kawasan tersebut. Soalnya daerah tersebut merupakan salah satu kawasan rawan longsor dan kondisi tanahnya labil.”Warga diminta terus waspada kalau hujan turun lagi,” imbau Kundang.

Sumber: Kompas

 

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar