Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Negara Negara Ini Mampu Bertahan Dalam Gempa Besar

Negara Negara Ini Mampu Bertahan Dalam Gempa Besar

Berdasarkan geografi dan sejarah, sejumlah negara ternyata cukup kuat untuk bertahan dalam menghadapi gempa bumi dibandingkan negara-negara lain. Ketika gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang pusat Italia pada Agustus 2016 lalu, ratusan orang meninggal dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal. Banyak kerusakan yang terjadi, dan banyak kematian yang disebabkan oleh runtuhnya bangunan-bangunan kuno di desa pengunungan kecil.

Berdasarkan geografi dan sejarah, sejumlah negara ternyata cukup kuat dalam menghadapi gempa bumi dibandingkan negara-negara lain. Gempa bumi besar umumnya terjadi ketika berada di atas 7,0 skala Richter. Namun melihat apa yang terjadi di Italia, meskipun guncangan yang kecil ternyata mampu memberikan dampak kerusakan yang besar pada area dengan infrastruktur tua atau lokasi dengan respon darurat sulit dilakukan.

Sejumlah negara harus mempelajari bagaimana persiapan dalam menghadapi gempa bumi. Negara harus memiliki pengaturan bangunan yang ketat dan sistem peringatan awal termasuk sirene dan telepon genggam. Cili menjadi negara yang mulai aktif untuk sadar akan persiapan gempa. Negara ini juga berlatih untuk keadaan darurat dan evakuasi.

Hal itu cukup terbayar, dikarenakan Cili merupakan daerah yang diguncang gempa terbesar tahun 2015 dengan kekuatan 8,5 skala Richter. Hanya 13 kematian yang diakibatkan oleh gempa tersebut, jika dibandingkan dengan gempa serupa yang terjadi tahun 1960 yang memakan memakan korban lebih dari 1.600 jiwa.

Jepang juga telah mengambil tindakan yang sama untuk meminimalisasi kerusakan akibat gempa. Semua bangunan didesain untuk tahan oleh guncangan, dan bangunan-bangunan tua pun juga turut diterapkan desain yang sama. Sejumlah rumah orang Jepang juga memiliki fondasi khusus.

Sumber: National Geographic Indonesia

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar