Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Satu Orang Tewas Akibat Tertimbun Tebing Longsor

Satu Orang Tewas Akibat Tertimbun Tebing Longsor

Hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Bogor dan sekitarnya pada Selasa (6/9/2016) malam, mengakibatkan tebing setinggi 20 meter longsor. Material longsor menimpa rumah di Kampung Ardio, RT 4/5 Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Dalam peristiwa tersebut, Azhari (50), pekerja asal Kuningan, Jawa Barat, tewas di dalam rumah yang tertimbun material longsoran batu dan tanah. Doni Hermawan (26), salah seorang korban selamat mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 01. 30 WIB. Saat itu, ia dan temannya tengah menonton televisi di ruang tengah. Sementara Azhari, tengah tertidur pulas di salah satu kamar di rumah tersebut. “Pas nonton televisi, tiba-tiba pohon yang ada di depan rumah tumbang. Terus langsung ada suara gemuruh gitu, suara tebing longsor. Terus langsung nimpa rumah. Pas kejadian, di dalam rumah ada 7 orang. Ada yang di kamar, ada yang di ruang tengah lagi nonton televisi,” kata Doni ditemui di lokasi, Rabu (7/9/2016).

Mendengar suara gemuruh longsor, Doni berusaha keluar dari rumah. Meski akhirnya selamat dari maut, Doni sempat tertimpa pintu kamar dan beberapa material rumah yang ambruk tertimpa tebingan yang longsor. Dia mengalami luka di kening dan beberapa bagian tubuhnya. Nahas bagi Azhari, yang tak sempat menyelamatkan diri dan tertimbun di bawah reruntuhan longsor. “Dia (Azhari) lagi tidur pas kejadian,” kata Doni.

Oleh petugas Tanggap Bencana (Tagana) Kota Bogor dan warga, jasad Azhari dievakuasi setelah 1 (satu) jam tertimbun di dalam rumahnya. “Jadi dari total 7 penghuni rumah yang mengalami luka-luka ada 4 orang dan 1 orang meninggal dunia,” kata Abdul Muid, salah satu petugas Tagana Kota Bogor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Ganjar Gunawan menjelaskan, Azhari merupakan seorang pekerja yang tengah membangun proyek pembangunan talud (penahan tebing). Namun diduga karena guyuran hujan, talud yang belum selesai dibangun tersebut ikut ambrol bersama tebing yang longsor. “Korban meninggal adalah pekerja yang sedang mengerjakan talud atau turab. Tapi belum selesai, tebingnya longsor. Selama mengerjakan talud, korban mengontrak di rumah yang tertimpa longsoran itu,” kata Ganjar.

Tidak hanya di Kecamatan Bogor Tengah, longsor juga terjadi dua lokasi lainnya. Yakni di Kelurahan Gunungbatu, Kecamatan Bogor Barat dan Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. “Di dua lokasi lainnya tidak ada korban,” katanya.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar