Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Susun SOP Bencana, 10 KSAU Se-ASEAN Kumpul DI Yogyakarta

Susun SOP Bencana, 10 KSAU Se-ASEAN Kumpul DI Yogyakarta

Sepuluh pejabat Kepala Staf Angkatan Udara se-ASEAN sepakat menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penangangan segala bentuk bencana alam di wilayah ASEAN.

Kesepakatan tersebut telah dibuat dan dibahas dalam ASEAN Air Chief Conference (AACC) ke-13 tahun 2016 yang dipusatkan di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta, 5-8 September 2016. “Hasil konferensi tersusun SOP bagaimana menangani bencana kemanusiaan seperti gunung meletus, banjir, badai di wilayah ASEAN,” kata Wakil Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, di sela kunjungannya di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (7/9/2016).

Kesepuluh pemimpin Angkatan Udara tersebut antara lain dari Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Filipina, Vietnam, Myanmar, dan tuan rumah Indonesia.

Hadiyan menjelaskan, SOP tersebut akan memberikan petunjuk bagaimana negara-negara ASEAN merespons ketika terjadi bencana alam.”Di mana un bisa terjadi (bencana). Dengan SOP ini memberi petunjuk bagaimana kita meresponsnya, saling memberikan bantuan, misalnya menyiapkan sarana, pesawat, pasukan dan bantuan lainnya,” jelasnya.

Dia menyebut, di setiap negara di ASEAN memiliki potensi terjadi bencana alam maupun bencana kemanusiaan lainnya. Di Indonesia berpotensi terjadi bencana gunung meletus, banjir hingga tanah longsor. Sementara di Filipina dan Thailand kerap terjadi bencana badai taifun, begitu juga dengan negara anggota ASEAN lainnya.

AACC merupakan forum konsolidasi dan koordinasi teknis yang melibatkan para pejabat Kepala Staf Angkatan Udara se- ASEAN  setiap tahun.Tahun 2016, AACC ke-13 diselenggarakan di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta. Tahun depan kegiatan serupa akan dihelat di Filipina.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar