Tuesday, 1/8/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Penanganan Bencana Harus Sinergis, PMI Latihan Gabungan 11 Kabupaten

Penanganan Bencana Harus Sinergis, PMI Latihan Gabungan 11 Kabupaten

Bencana alam tidak mengenal wilayah teritorial. Peristiwa yang menimbulkan kerugian jiwa maupun material ini terjadi tanpa diduga ini bisa melanda wilayah mana saja. Tak jarang wilayah yang menderita kerugian akibat bencana, tidak bisa mengatasi persoalan secara mandiri. karenanya, diperlukan sinergi dan dukungan dari wilayah lain.

Hal ini melandasi dilaksanakannya Latihan Gabungan Management Tanggap Darurat Bencana PMI se Bakorwil 3 Jateng. \ “Berbicara penanggulangan penanggulangan bencana dimulai dari persiapan sebelum bencana terjadi. Sehingga pada saat kejadian tanggap darurat, kita tahu bagaimana melakukan pertolongan dan memberikan respon yang tepat,” kata Ketua PMI Jawa Tengah, Imam Triyanto saat membuka Latgab di Pikas, Selasa (6/9).

Latgab ini bertujuan untuk menyinergikan relawan PMI se Bakorwil 3 Jateng yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Pemalang dan Batang. Sebab menurut dia, seringkali dijumpai kesulitan penanganan bencana pada wilayah tertentu. Karena keterbatasan-keterbatasan ini, maka dibutuhkan bantuan dari wilayah lain.

Kepala Bakorwil 3 Jateng, Agus Utomo mengatakan, melalui Latgab ini relawan PMI digemleng agar lebih tanggap saat bencana datang. “Latihan ini lebih kepada pematangan relawan. Sehingga ketika ditugaskan di lapangan, tahu harus berbuat apa,” ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara, Setiawan menjelaskan, ada lima materi yang dilatihkan kepada para peserta. Materi tersebut yaitu manajemen posko, asesmen dan pemetaan, logistik, dapur umum dan e wash (emegency water sanitaion and hygiene) atau penyediaan air bersih saat kondisi darurat.

Sumber: Radar Banyumas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar