Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Early Warning System Awasi Potensi Longsor

Early Warning System Awasi Potensi Longsor

Ancaman tanah longsor di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja, memaksa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengambil langkah antisipatif. Salah satunya dengan menempatkan dua alat sistem peringatan dini atau yang biasa disebut “Early Warning System” (EWS). Alat ini terpasang di Dusun Dukuh Tengah dan Seukeut Hilir. Satu alat ini, terpasang tepat di atas lokasi longsor yang terjadi pada Juli lalu. Sementara yang lain, berada di tebing sisi barat lokasi longsor dan masuk Dusun Seukeut Hilir. “Di (dusun) Seukeut Hilir memang ada satu alat EWS,” ujar Kepala Desa Majingklak, Tarsam.

Dikatakannya, alat tersebut terpasang bersamaan dengan bantuan tekhnis dari UMG dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, beberapa waktu lalu. Sementara warga setempat juga mendapatkan pelatihan tanggap bencana yang diakhiri dengan simulasi. Setelah alat ini terpasang, setidaknya sudah dua kali.

Dari data yang ada, sampai dengan April lalu sudah enam lokasi di wilayah eks Distrik Majenang yang sudah terpasang EWS. Lokasinya berada di Desa Cibeunying, Ujungbarang di Kecamatan Majenang. Wilayah lain di Kecamatan Karangpucung, Cimanggu, Dayeuhluhur juga sudah terpasang. EWS ini berasal dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Peralatan serupa juga diturunkan oleh LIPI. Seluruh alat ini terhubung dengan kantor UPT BPBD Majenang.

Sementara EWS yang ada di Kecamatan Dayeuhluhur, terhubung dengan kantor camat setempat. Dengan demikian, petugas bisa memonitor tiap kali ada pergerakan tanah dan terbaca oleh komputer. “Kalau ada pergerakan akan terdengar. Petugas di kantor juga bisa memonitor,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Tri Kumara melalui Kepala UPT BPBD Majenang, Edi Sapto Prihono.

Sumber: Radar Banyumas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar