Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Puting Beliung Rusak 12 Rumah Warga

Puting Beliung Rusak 12 Rumah Warga

Hujan lebat disertai angin puting beliung, Selasa (6/9) kemarin menyebabkan 12 rumah warga di Desa Kutasari dan Pamijen, Kecamatan Baturraden rusak. Dua rumah warga mengalami kerusakan berat, sementara sisanya rusak ringan. Berdasarkan pendataan yang dilakukan, dua rumah rusak berat adalah milik Jon Antono (46) dan Sairah (70), keduanya warga Kutasari. Kemudian delapan rumah rusak ringan di Desa Kutasari dan dua rumah rusak ringan di Desa pamijen.

Koordinator Sukarelawan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Banyumas, Kusworo, kemarin mengatakan “Dinding rumah milik Jon Antono yang terbuat dari papan roboh pada beberapa bagian dan atap seng beberapa juga terbang dan hilang. Kemudian rumah Sairah mengalami kerusakan pada bagian atap, terbawa angin”.

Dia menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 Wib saat turun hujan deras disertai angin. Selain rumah rusak, perisitwa itu juga mengakibatkan sejumlah pohon roboh. Bahkan beberapa di antaranya menimpa rumah warga. “Tidak ada korban jiwa pada perisitwa tersebut.

Perisitwa tersebut hanya menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan. Kami bersama aparat desa dan pihak terkait telah menyingkirkan pohon tumbang yang menutup akses jalan,” kata dia.

Pasca kejadian, pihaknya langsung menyalurkan bantuan bahan bangunan. Bantuan diberikan untuk rumah milik warga yang mengalami kerusakan berat. Dia mengimbau kepada warga untuk selalu waspada. Pasalnya cuaca yang tidak menentu kerap menyebabkan bencana alam. “Kami minta warga untuk selalu berhati-hati untuk mengantisipasi bencana alam, seperti puting beliung maupun longsor,” imbaunya.

Sebelumnya, BPBD Banyumas telah menghimbau masyarakat untuk mewaspadai pohon tumbang yang disebabkan oleh angin besar. Sebab, sejak beberapa hari terakhir di Banyumas khususnya di Purwokerto dan sekitarnya kerap terjadi hujan lokal yang disertai angin besar. Angin besar tersebut dipengaruhi oleh adanya La Nina. Dimana hal itu dipengaruhi oleh penurunan suhu muka laut yang menyebabkan penguapan masih tinggi, sehingga berpotensi hujan.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kata dia, sepanjang Juli sampai Desember nanti, hujan memang diprediksi masih bakal mengguyur wilayah di Banyumas.

Sumber: Radar Banyumas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar