Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Arus Kendaraan Terhenti Akibat Longsor Gunung Kulu Aceh Besar

Arus Kendaraan Terhenti Akibat Longsor Gunung Kulu Aceh Besar

Bencana longsor kembali terjadi di kawasan pegunungan Kulu, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (9/9/2016) pagi. Kendaraan roda empat dari dan menuju arah barat Aceh tidak bisa melintas di rute lintas Banda Aceh-Meulaboh tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar Ridwan mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Batu dan tanah berjatuhan dari tebing gunung dan menutup jalan di bawahnya.”Sebagian batu besar dan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini karena memang kebetulan terjadi pagi hari dan belum banyak warga yang melintas di kawasan ini,” jelas Ridwan saat akan mendatangi lokasi kejadian.

BPBD sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dan Badan Penanggulangan Jalan dan Jembatan Nasional untuk segera mengerahkan alat berat di lokasi kejadian.

Pembersihan akan segera dilakukan karena jalur tersebut merupakan akses utama menuju kawasan barat selatan Aceh. Jalan itu diperkirakan akan dilewati banyak kendaraan pada masa libur Idul Adha.

Saat ini, para pengguna jalan sedikit demi sedikit mulai memindahkan timbunan tanah agar jalan bisa dilalui kendaraan roda dua.”Sementara untuk kendaraan roda empat dan yang berbadan besar belum bisa lewat. Jadi semua kendaraan berhenti di pinggir jalan menunggu pembersihan ruas yang longsor,” jelas Ridwan.

Dua pekan terakhir cuaca ekstrem melanda Aceh dengan hujan intensitas sedang dan lebat. Tingginya intensitas hujan diperkirakan menjadi penyebab lonsornya tanah di kawasan Gunung Kulu. Warga pengguna jalan juga diminta mewaspadai lokasi rawan longsor lainnya, yakni kawasan Gunung Paro dan Gunung Geurutee.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar