Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Pacitan Tergenang Akibat Diguyur Hujan Semalaman

Pacitan Tergenang Akibat Diguyur Hujan Semalaman

Hujan deras mengguyur Kota Pacitan sepanjang Jumat malam hingga, Sabtu (10/9/2016) siang. Akibatnya beberapa wilayah terendam banjir. Selain menenggelamkan lahan persawahan, air bah juga menggenangi pemukiman hingga setinggi lutut orang dewasa.

Pantauan detik, puluhan rumah warga di Desa Sukoharjo terendam air. Kondisi yang sama juga terjadi di desa tetangga, Sirnoboyo. Keduanya berada di Kecamatan Kota.

Meski rumah tergenang namun warga tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Beberapa orang tampak gotong-royong membersihkan saluran air yang tersumbat.”Memang luapan air dari Sungai Jelok sangat besar. Ditambah lagi Dam Sukoharjo sekarang ini sedang diperbaiki. Jadi pintunya dibuka,” ujar Arifin, Kepala Desa Sirnoboyo terkait penyebab banjir.

Selain itu, lanjut Arifin, di Daerah Aliran Sungai Jelok juga sedang ada pengerjaan proyek nasional Jembatan Jalan Lintas Selatan (JLS). Aktivitas proyek diduga berpengaruh terhadap makin kecilnya kapasitas saluran pembuangan air di sekitarnya.”Sekarang ini praktis hanya ada satu saluran pembuangan air,” tandasnya.

Peristiwa tersebut menyita perhatian pemerintah daerah. Bupati Indartato langsung memerintahkan jajaran terkait turun ke lokasi kejadian. Dia menginstruksikan langkah segera untuk meminimalisir dampak bencana.”Saya sudah minta SKPD terkait melakukan monitoring langsung. Dan tentu saja kita harapkan ada pemutakhiran data minute by minute dari seluruh wilayah,” tegas bupati ditemui detikcom usai inspeksi hewan ternak di Pasar Hewan, Jl Arif Rahman Hakim, Sabtu (10/9/2016) pagi.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Pacitan, Tri Mujiharto mengatakan pihaknya sedang melakukan pemantauan dan inventarisasi dampak bencana. Sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan terkait jumlah rumah terdampak maupun luasan lahan pertanian yang tergenang.

Hanya saja berdasar pemantauan, jika hujan masih turun kawasan persawahan diperkirakan mengalami gagal panen. Pihaknya akan berbicara dengan lembaga terkait guna menemukan solusi mencegah terulangnya kejadian tersebut.”Kalau kondisinya semacam ini mungkin perlu dibuatkan sudetan supaya air bias mengalir. Yang terpenting warga kita pastikan aman dulu,” katanya.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBD Pacitan menyebutkan potensi hujan intensitas sedang dan tinggi masih akan terjadi hingga sore nanti. Warga diimbau tetap waspada terhadap perubahan cuaca secara singkat serta hujan disertai petir dan angin kencang.

Sumber: Detik

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar