Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Tasikmalaya Dilanda Banjir

Tasikmalaya Dilanda Banjir

Hujan deras mengguyur kawasan Tasikmalaya, Jawa Barat, dan sekitarnya sejak siang kemarin sampai Sabtu (17/9/2016) pagi. Beberapa daerah langganan banjir tahunan seperti di Kecamatan Ciawi dan Sukaresik sampai daerah yang belum pernah banjir seperti di Kecamatan Karangnunggal tergenang air.

Banjir akibat luapan air dari sungai di dekat dengan daerah pemukiman itu menyebabkan rumah di beberapa desa terendam banjir. Bahkan genangan air di kawasan Kecamatan Sukresik mencapai ketinggian satu meter lebih.”Banjir di daerah Utara Tasikmalaya akibat luapan sungai. Di Selatan Tasikmalaya juga akibat luapan air. Memang hujan terus mengguyur sampai pagi ini. Kami sedang melakukan evakuasi sejak malam tadi,” ujar Ketua BPBD Kundang Sodikin, Sabtu (17/9/2016).

Sementara itu, di selatan Tasikmalaya, banjir terjadi di Kampung Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal akibat luapan Sungai Cilangla akibat hujan deras. Padahal biasanya daerah ini belum pernah banjir besar seperti sekarang.”Kerugian belum dihitung. Kami sedang fokus proses evakuasi warga dulu,” kata dia.

Selain bencana banjir, beberapa titik longsor pun terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Tasikmalaya, seperti di Kecamatan Salopa, longsor memutuskan akses jalan Tasikmalaya-Cikalong. Beruntung tak ada korban jiwa dalam rangkaian bencana yang terjadi di Tasikmalaya akibat cuaca buruk. “Kalau korban jiwa tidak ada. Soalnya sebelumnya sering disosialisasikan bahwa Tasikmalaya daerah rawan bencana. Jadi warga di rawan bencana selalu siaga dan waspada bencana,” kata dia.

Sampai berita ini diturunkan, petugas BPBD, Polri dan TNI bersama warga sekitar sedang melakukan evakuasi warga yang sempat terjebak di rumahnya memakai perahu karet ke lokasi dataran tinggi. Banjir pun belum surut dan diwaspadai akan terjadi apabila hujan turun kembali di kawasan Tasikmalaya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Kundang Sodikin, mengatakan bahwa diperkirakan, 700 unit rumah warga di tiga desa di Kecamatan Sukaresik terendam banjir, Sabtu (17/9/2016). “Jumlah pastinya yang sekarang belum tahu. Sesuai data sebelumnya, ada 700 rumah di tiga desa itu. Sekarang juga rumah di tiga desa itu terendam juga sama,” jelas ujar Kundang, Sabtu pagi.

Kini, posko darurat dan bantuan korban banjir akan disalurkan ke wilayah tersebut. Tapi sampai sekarang proses penanganan bencana di daerah itu masih fokus kepada upaya keselamatan warga. “Kami fokus dulu ke warga,” pungkasnya.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar