Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Jawa Timur Bentuk Tim Khusus, Untuk Waspadai Kebakaran Hutan

Jawa Timur Bentuk Tim Khusus, Untuk Waspadai Kebakaran Hutan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur Sudarmawan mengatakan mewaspadai terjadinya kekeringan dan kebakaran hutan di musim kemarau.

Kebakaran hutan biasanya terjadi di daerah yang memiliki kawasan hutan seperti Situbondo, Ngawi, dan Madiun. “Jika terjadi kebakaran hutan kami harus memadamkan dengan cepat,” ujar Sudarmawan, Sabtu, 17 September 2016.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur membentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang anggotanya adalah personel gabungan. Antara lain dari Perhutani, Polisi Hutan, Kepolisian, TNI, Dinas Kehutanan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Brigade ini bertugas tangani kebakaran hutan bersama-sama,” katanya. Dia menambahkan, brigade ini bekerja dengan melibatkan warga setempat dalam melakukan proses pemadaman kebakaran hutan.

Sedangkan untuk menghadapi kekeringan, BPBD telah memetakan daerah-daerah yang berpotensi mengalami kekeringan. Misalnya, kata Sudarmawan, Pasuruan, Lumajang, Situbondo, Bangkalan, dan Sumenep. “Kami akan pasok air bersih jika memang ada daerah yang dilanda kekeringan,” ujarnya.

Adapun pada 2015, BPBD mengucurkan Rp 4 miliar untuk menyuplai air di sejumlah daerah yang dilanda kekeringan, sekaligus bantuan pengadaan sarana prasana. Sampai Oktober 2015, sebanyak 26 daerah dilanda kekeringan. Bahkan, 512 desa di 24 daerah termasuk dalam kategori kritis sehingga perlu pasokan mengantisipasi kekurangan air bersih.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar